4 Hal yang Harus Anda Siapkan Saat Akan Klaim Asuransi Mobil!

BERITA.NEWS – Apakah Anda sedang bingung karena memikirkan bagaimana alur menjalani klaim asuransi mobil seperti tertera di lembar prosedur ketika menandatangani persetujuan polis?.

Jika Anda masih merasa sedikit bingung terhadap hal tersebut, tidak perlu khawatir. Pasalnya, ada beberapa hal yang bisa disiapkan ketika akan klaim asuransi mobil.

Salah satunya adalah, cek premi asuransi dan jenis-jenisnya menjadi hal yang sangat penting Anda lakukan sehingga bisa mendapatkan asuransi yang siap membantu apapun kejadian dan kerusakan yang terjadi pada kendaraan kesayangan.

Selain itu, asuransi mobil klaim dibantu dengan pihak dari asuransi dan mitra bengkel yang sudah terpercaya akan membuat Anda merasakan banyak kemudahan.

Mengingat Alur Kejadian yang Mengakibatkan Kerusakan Mobil

Semua kerusakan yang ada pada mobil baik diakibatkan oleh Anda, orang lain, dan yang lainnya bisa diselesaikan dengan mudah.

Hal yang harus Anda lakukan adalah mengingat alur kejadian yang mengakibatkan kerusakan pada mobil. Kejadian ini sangat penting karena pihak asuransi akan bertanya dan Anda harus mengisi formulir asuransi dengan rincian kejadian.

Sebaiknya Anda membicarakan semua hal dengan jujur, apabila kerusakan terjadi karena kesalahan Anda sendiri, maka hal ini juga yang harus Anda tulis di formulir asuransi nantinya.

Banyak sekali hal-hal yang bisa menyebabkan kerusakan pada mobil, oleh karena itu Anda sebaiknya lebih berhati-hati untuk ke depannya. Asuransi akan membantu Anda, tetapi tentu saja butuh waktu untuk bisa membuat mobil Anda seperti sedia kala.

Mengisi Formulir yang Disediakan Pihak Asuransi

Ketika terjadi sesuatu kepada mobil Anda, asuransi akan siap menjawab semua keluhan dan juga permintaan Anda. Hal yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah mengisi formulir dari asuransi.

Tentu saja dokumen yang diisi juga sangat umum, mulai nama hingga rincian kejadian yang terjadi. Ketika mengisi formulir, sebaiknya hindari kesalahan dalam penulisan seperti huruf ataupun angka.

Hal ini bisa membuat petugas asuransi harus memastikan kembali pada Anda apakah adakah kesalahan atau informasi yang Anda tulis adalah informasi terbaru.

Menyiapkan Semua Fotokopi Dokumen

Hal yang harus Anda siapkan selanjutnya adalah semua fotokopi dokumen yang diperlukan. Dokumen yang diperlukan adalah dokumen yang cukup umum dan bisa Anda dapatkan dengan mudah, yaitu fotokopi polis asuransi, KTP, Keterangan dari Kepolisian, SIM, dan STNK.

Fotokopi dokumen harus lengkap apabila Anda ingin proses selanjutnya bisa segera dilakukan. Tentu saja tidak sulit mendapatkan semua dokumen tersebut.

Apabila Anda pernah mendengar bahwa proses klaim asuransi mobil sangat sulit dan membutuhkan banyak prosedur, hal ini yang harus Anda jadikan perhatian.

Banyak yang enggan untuk melengkapi dokumen serta hal lainnya sehingga proses klaim kerap mengalami penundaan. Tentu saja pihak dari asuransi siap membantu Anda apabila terjadi kesulitan sehingga Anda tidak perlu khawatir.

Mempersiapkan Bukti Nyata dari Peristiwa yang Dialami

Semua hal yang terjadi ketika Anda sedang mengendarai kendaraan sebaiknya Anda dokumentasikan segera.

Hal ini dapat menjadi bukti ketika pihak polisi atau asuransi meminta bukti nyata dari kejadian yang ada. Anda bisa langsung mengambil gambar melalui ponsel dan juga segera melaporkan pada pihak terkait.

Beberapa asuransi juga meminta Anda untuk tidak menunda proses pelaporan kepada pihak mereka, maksimal laporan yang harus Anda lakukan kepada pihak asuransi adalah 2×24 jam setelah kejadian.

Hal ini membuat Anda sebaiknya fokus dan juga langsung memberitahu kondisi yang dialami oleh kendaraan Anda apabila terjadi kecelakaan atau yang lainnya.

Bukti yang ada bisa menjadi alasan kuat mengapa proses klaim harus bisa dilakukan secepat mungkin. Hal ini juga akan membuat jadwal bengkel untuk mobil Anda bisa disiapkan dalam waktu yang lebih cepat sehingga Anda bisa segera mengendarai mobil lagi.

Informasi di atas berkenaan dengan apa saja yang harus Anda siapkan ketika akan melakukan klaim asuransi tentu saja sangat penting.

Anda bisa menambah referensi dan meyakinkan diri bahwa asuransi adalah hal yang sangat penting dan selalu siap membantu ketika terjadi permasalahan pada mobil kapanpun dan di manapun.