UPA Standar Internasional, Kantongi Sertifikasi ISO 37001 dan 21001

Tim Auditor Institute of Globar Certification (IGC) melakukan Surveillance ISO 21001 dan 37001 di Universitas Patria Artha (UPA) (BERITA.NEWS)

BERITA.NEWS,Makassar- Universitas Patria Artha (UPA) terus perkuat kredibilitas sebagai Perguruan Tinggi (PT) Swasta. Hingga punya Sertifikasi Standar Internasional.

UPA rupanya telah lebih setahun telah memegang dua sertifikat International Standardization Organization (ISO) 21001 kaitannya soal sistem manajemen mutu pendidikan.

Adapun, ISO 370001 merupakan sistem manajemen anti suap уаng di rancang ѕесаrа khusus untuk mеmbаntu оrgаnіѕаѕі menerapkan, dаn meningkatkan program kepatuhan anti-suap.

Kali ini, Tim Auditor Institute of Globar Certification (IGC) melakukan Surveillance melihat sejauh mana komitmen UPA dalam menerapkan standar internasional tersebut. Kamis (11/8/2022).

Baca Juga: Kantongi Sertifikasi Kompetensi, Mahasiswa Universitas Patria Artha Jamin Siap Kerja

“Nah ini serveillance yang pertama. Karena sertifikat dari IGC ini berlaku 3 tahun. Nah tiap tahun kami mau melihat implementasi serta perkembangan penerapan sistem ini,” kata Auditor IGC Yusran Arif.

Menurutnya, IGC sebagai lembaga sertifikasi internasional ini ingin melihat sejauh mana komitmen UPA sebagai Perguruan Tinggi (PT) yang mendapat ISO 370001 dan 210001.

“Sebenarnya yang mengharuskan regulasi belum ada untuk kewajiban Perguruan Tinggi itu menerapkan ISO 21000 atau 370001.

Nah 21000 itu baru akan sosialisasikan oleh Dikti menggantikan ISO 90001 dulunya. Jadi cuman UPA lebih dulu maju 37000 sendiri PT mungkin ada tapi tidak banyak yang ada itu kontraktor, BUMN,” jelasnya.

Sementara itu, Rektor UPA Bastian Lubis mengatakan pihaknya sudah lama punya Sertifikasi Standar Internasional. Malahan yang pertama untuk perguruan tinggi di kawasan Indonesia Timur.

“ISO 210001 sudah lama kami dapat kan kami pertama kali di Indonesia Timur jadi itu untuk manajemen pendidikan dengan adanya ISO ini tidak ada lagi salah- salahan jadi antara tugas fungsi masing-masing prodi di UPA itu sudah terukur

ISO 370001 itu anti suap di anjurkan. Undang-undang juga harapkan kan nah itu untuk menghindari terjadinya transaksional jual beli nilai, ijazah atau apa. Jadi itu sebagai proteksi lembaga tindak tanduk civitas akademika,” jelasnya.

Selanjutnya, Direktur Assessment Centre UPA Indri Septiani menilai dua sertifikasi internasional ini sangat penting untuk Universitas dan Mahasiswa.

“ISO 210001 ini penting kami bergerak di bidang pendidikan , terkait kurikulum, terutama juga yang berkebutuhan khusus

kemudian karena kami jga harus melalui kampus merdeka sehingga kami rasa dengan penerapan iso ini akan lebih mudah.

37001 karena kami juga melindungi segenap personil kami disini dan mahasiswa untuk tida berperilaku koruptif,” jelasnya.