BBKP Makassar Pastikan Biosecurity di Wilker Pelabuhan Paoutere, Antisipasi PMK Hewan

Kepala BBKP Makassar Lutfie Natsir Pantau Aktivitas Lalu Lintas Hewan di Pelabuhan Paoutere, Antisipasi PMK (Ist)

BERITA.NEWS,Makassar- Balai Besar Karantina Pertanian (BBKP) Makassar pastikan penerapan Biosecurity atau pengawasan antisipasi penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) pada ternak. Jumat (5/8/2022).

Kepala BBKP Makassar Lutfie Natsir kali ini melakukan pemantauan di Wilayah kerja (Wilker) pelabuhan Paotere. Pastikan standar Biosecurity tetap berjalan maksimal.

Lutfie mengatakan pelabuhan paotere merupakan salah satu akses pintu masuk dan keluarnya ternak hewan.

Olehnya itu, perlu ada pengawasan dan langkah antisipasi penanganan masuk dan keluarnya hewan beroptensi rentan penularan PMK.

“Sesuai dengan Surat Edaran (SE) satgas PMK Nomo 4 tahun 2022, Makassar sudah masuk salah satu daerah zona merah penyebaran PMK.

Oleh karena itu, sebagai salah satu pintu pengeluaran dan pemasukan di Makassar, pelabuhan laut Paotere juga harus memperketat pengawasan

terhadap lalu lintas ternak walaupun intensitas pemasukan hewan ternak tidak terlalu banyak,” tutur Lutfie

Menurut Lutfie, Balai Karantina Pertanian Makassar harus selalu siap siaga sebagai garda terdepan. 24 jam petugas Lapangan mencegah masuk dan menyebarnya HPHK dan OPTK.

Ia juga secara khusus meminta anggontanya terus membangun sinergi dengan entitas pelabuhan seperti Kesyahbandaran, Otoritas Pelabuhan dan Polsek Pelabuhan.

Saat ini pemerintah terus melakukan berbagai upaya pengendalian PMK. BNPB juga telah membentuk Satgas PMK. Ada 4 strategis penanganan. Biosecurity, Pengobatan, Potong Bersyarat dan Vaksinasi.