Dishub Luwu Aktifkan Kembali Layanan KIR

BERITA.NEWS, Luwu – Dinas Perhubungan Kabupaten Luwu bakal mengaktifkan kembali layanan pengujian kendaraan bermotor (KIR). Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Luwu, Selasa (26/7/2022) siang.

KIR merupakan kumpulan rangkaian kegiatan untuk melakukan uji kendaraan bermotor sebagai tanda bahwa kendaraan tersebut layak digunakan secara teknis di jalan raya, khususnya bagi kendaraan yang membawa angkutan penumpang dan barang.

Secara umum, kendaraan yang wajib untuk melakukan pendaftaran uji KIR adalah kendaraan yang memiliki plat kuning, hanya saja fungsi tersebut dialihkan ke kendaraan yang berpenumpang.

Sarana pengujian kendaraan bermotor Dinas Perhubungan Kabupaten Luwu.

Beberapa jenis kendaraan yang wajib mengikuti uji KIR adalah: Mobil sewa, mobil berpenumpang manusia, mobil dan truk pengangkut barang, bus, seluruh jenis truk, dan mobil pick up

Baca Juga :  Basmin Instruksikan Inspektur Daerah Segera Mencanangkan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Birokrasi Bersih

“Kemarin sempat terhenti karena pandemi, kita sudah ada perdanya, kita akan aktifkan kembali, kita sudah uji coba sejak 14 juli kemarin, kita harap nanti bisa dilaunching langsung oleh bapak bupati,” kata Supriadi.

Saat ini, lanjut Supriadi, pihaknya tengah melakukan sosialisasi kepada masyarakat jelang diaktifkannya kembali pemeriksaan kendaraan bermotor di Kabupaten Luwu.

“Ini untuk angkutan barang, dan angkutan penumpang. KIR itu kan sebagai tanda sebuah kendaraan layak jalan, sehingga berdasarkan aturan, itu diperpanjang setiap 6 bulan. Mudah saja, bagi masyarakat yang mau mengurus, silahkan datang bermohon dikantor, ada format yang kami siapkan untuk diisi, juga akan didampingi oleh petugas, jadi akan lebih mudah. Jika ada kendala akan diberi kesempatan untuk diperbaiki,” tambahnya.

Baca Juga :  360 SK Pengangkatan PPPK Formasi 2021 Diserahkan Bupati Luwu

Untuk memastikan pengendara tertib lalulintas dengan mengantongi KIR, Dishub Luwu akan menggelar oprasi bersama di jalan raya.

“Kalau kita itu bisa operasi di terminal dan jembatan timbang, diluar itu, kita bakal menggelar operasi gabungan dengan Satlantas Polres Luwu, untuk melihat KIR kendaraan, kalau ada yang mati, langsung kita arahkan ke tempat pengujian,” kuncinya.