Pemprov Sulsel: 34.476 Petani Menerima 1,200 Ton Benih Padi Andalan

Gubernur Andalan tinjau lahan penangkaran bibit padi. Program Mandiri benih (Ist)

BERITA.NEWS,Makassar– Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel mencatat ada 34.476 Petani telah menerima 1.200 ton benih Padi Anggul ‘Andalan’.

Penyaluran bibit padi Andalan ini untuk persiapan musim tanam saat April sampai September 2022. Upaya Pemprov Sulsel dalam program Mandiri benih kepada Petani.

Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura, dan Perkebunan (TPHBun) Provinsi telah mendistribusikan bibit unggul ini kepada para petani untuk 48 ribu hetare lahan.

“Musim tanam April – September 2022 telah penyaluran 100% sesuai target sebanyak 1.200 ton benih untuk tanam di lahan seluas 48 ribu hektar,” kata Kepala Dinas TPHBun Sulsel, Imran Jausi. Minggu (24/7/2022).

Baca Juga: Dewan Menolak, Pemprov Siapkan Pergub Atasi Pertanggungjawaban APBD 2021

Imran menyampaikan, bahwa program mandiri benih merupkan suatu terobosan Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman untuk mendorong peningkatan Prouduksi tanaman padi

Baca Juga :  Gubernur Sulsel Lepas Ekspor Hasil Perikanan dan Kelautan Rp 6,5 M Binaan Astra

“Dalam musim tanam pertama ini, disalurkan untuk 2.074 kelompok tani dengan jumlah penerima 35.476 orang petani,” jelasnya.

Menurutnya, program ini sebagai upaya dalam membangun kemandirian Provinsi Sulawesi Sulatan untuk memenuhi kebutuhan benih para petani padi dengan melakukan
penangkaran sendiri di Instalasi Kebun Benih Dinas TPHBun bekerja sama dengan petani penangkar dalam memproduksi benih sebar.

Musim tanam Oktober – Maret (2021/2022) yang lalu, Dinas TPHBun membina 400 ha penangkaran benih dengan melibatkan 234 orang petani penangkar.

“Jadi dalam program Mandiri Benih ini, bukan hanya memberikan benih gratis yang unggul kepada petani, kami juga memberdayakan petani penangkar

Baca Juga :  15 Pelajar dan Guru Dapat Beasiswa dari UPZ BAZNAS Pemprov Sulsel

dalam menangkar benih sebar (BR) yang hasilnya akan bagikan kepada masyarakat,” tuturnya.

Penuhi target 100 ribu hektare. Dina TPHBun akan kembali menyalurkan bantuan benih padi unggul pada musim tanam kedua Oktober 2022-Maret 2023.

loading...

“Musim tanam selanjutnya akan disalurkan benih padi andalan sejumah 1.400 ton, untuk ditanam pada luas lahan 56 ribu hektar,” tuturnya.