Panduan dan Kiat Memilih Asuransi Mobil di Indonesia

BERITA.NEWS – Asuransi mobil sangat direkomendasikan bagi pemilik mobil supaya mendapatkan perlindungan yang maksimal. Karena mobil bisa saja mengalami kerusakan atau kehilangan sehingga mengalami kerugian.

Asuransi mobil berfungsi untuk meminimalisir kerugian yang ada. Sebagai contoh, ketika Anda mengalami kecelakaan dan mobil rusak sedangkan tidak ada perlindungan asuransi, maka Anda harus membayar sendiri biaya perbaikan mobil yang tentu saja tidak murah.

Lain halnya jika Anda sudah mendaftarkan mobil ke perusahaan asuransi, ketika terjadi kerusakan mobil maka perusahaanlah yang mengurus segala perbaikan termasuk membayar biaya perbaikannya.Dengan begitu, beban pengeluaran Anda menjadi lebih ringan lagi.

Anda bisa mengetahui informasi tentang asuransi mobil di Duitpintar. Melalui Duitpintar, Anda juga bisa mendapatkan beragam informasi lainnya termasuk cara bayar pajak mobil online langsung pada laman https://duitpintar.com/cara-bayar-pajak-mobil-online

Salah satu pembahasan dalam asuransi mobil adalah dua jenis proteksi kendaraan roda empat, yaitu asuransi All Risk dan asuransi Total Loss Only (TLO).

Asuransi All Risk memberikan perlindungan atas kerusakan mobil baik kerusakan kecil maupun besar, sedangkan asuransi TLO memberikan perlindungan atas kerusakan mobil minimal 75%.

Buat lebih jelasnya, mari simak dalam pemaparan berikut ini:

Panduan dan Kiat Memilih Asuransi Mobil di Indonesia

Memilih asuransi mobil tidak boleh dilakukan asal-asalan. Jangan sampai mobil Anda bukannya menjadi bagus, justru semakin rusak.

Hal ini berlaku baik untuk asuransi mobil all risk atau comprehensive maupun asuransi mobil TLO atau Total Loss Only. Berikut ini kami berikan panduan dan kiat-kiat sebelum memilih asuransi mobil :

Cek Keuangan Terlebih Dahulu

Sebelum membeli asuransi apapun termasuk itu asuransi mobil, pastikan Anda memiliki dana yang cukup untuk membayar premi. Terlebih lagi jika yang Anda beli adalah asuransi all risk pasti preminya tinggi karena perlindungan yang diberikan juga maksimal.

Jika uang Anda tidak terlalu banyak, bisa memilih perusahaan asuransi yang menawarkan tarif premi terjangkau namun tetap kompetitif. Jangan pernah tergiur dengan premi yang terlalu murah dan tidak wajar.

Keuangan Perusahaan Sehat

Tidak hanya keuangan Anda yang sehat, keuangan perusahaan juga harus sehat. Jika keuangan sehat, secara otomatis perusahaan asuransi pasti bisa membayar premi kepada nasabahnya.

Risk Based Capital atau RBC dipakai menentukan tolak ukur apakah keuangan Anda mencukupi untuk membeli polis asuransi kendaraan ataukah tidak. Bagi Anda yang belum tau, Risk Based Capital atau RBC merupakan ukuran sehat atau tidaknya keuangan perusahaan asuransi yang menjadi indikator kemampuannya dalam membayar klaim.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menetapkan besaran RBC minimal 120%. Jika kurang dari itu, Anda harus mempertimbangkan untuk beralih ke perusahaan yang lainnya.

Pilih Asuransi TLO Apabila Ingin Premi Murah

Untuk diketahui, premi asuransi All Risk dan asuransi TLO itu berbeda. Dan jika ingin memilih yang preminya terjangkau maka pilihlah asuransi TLO.

Akan tetapi asuransi TLO ini hanya memberikan perlindungan terhadap kerusakan kendaraan minimal 75%. Itu artinya, jika kerusakannya kecil tidak ada pilihan lain selain menggunakan asuransi All Risk.

Pilih Sesuai dengan Kebutuhan

Dalam memilih asuransi mobil, harus disesuaikan dengan kebutuhan. Sebagai contoh, jika mobil Anda rusak parah ada dua pilihan produk asuransi kendaraan yang bisa dipilih yaitu asuransi all risk dan asuransi TLO.

Tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda, apakah membutuhkan manfaat perluasan yang sangat banyak? Jika ya, disarankan memilih yang jenis All risk.

Sementara itu, jika ingin yang tidak terlalu banyak manfaatnya tetapi hanya manfaat dasar saja sebaiknya pilih yang TLO supaya Anda mendapatkan premi yang murah.

Cek Bengkel Rekanan

Setiap perusahaan asuransi yang menyediakan produk asuransi mobil biasanya bekerjasama dengan bengkel supaya bisa memperbaiki mobil atau kendaraan Anda yang rusak.

Anda harus tau dimana bengkel tersebut dan bagaimana kualitas pelayanannya. Tak hanya itu saja, Anda juga harus bisa memastikan bengkel tersebut memberikan garansi suku cadang yang asli bukan palsu.

Ketahui juga seberapa banyak bengkel yang bekerjasama dengan perusahaan tersebut. Semakin banyak, maka semakin bagus karena mempercepat proses perbaikan kendaraan Anda.

Jadi jangan sampai salah pilih ya. Itu dia panduan dan kiat-kiat dalam memilih asuransi mobil di Indonesia.