Pallu Kaloa, Hidangan Kuah Hitam Khas Makassar, Habiskan 40 Kg Ikan Perhari

BERITA.NEWS,Makassar– Kuliner Kota Daeng ‘Makassar’ sejak dulu senantiasa menyajikan cita rasa khas. Pallu Kaloa misalnya, olahan ikan dengan kuah hitamnya.

Berbicara soal kuliner memang tidak pernah ada habisnya. Khususnya di Kota Makassar. Sebut saja, coto, konro, pallu basa, pallu mara dan olahan seafood yang sangat menggoda selera.

Pallu Kaloa, salah satu makanan khas yang juga banyak peminatnya. Takkala dengan Coto atau Konro. Masakan ini sangat kaya akan bumbu, kuah pekat hitam menjadi ciri khasnya. Sangat nikmat makan pakai nasi panas.

Sajian Pallu Kaloa kuah hitam khas Makassar (foto:ippanng)

Nama Pallu sendiri berasal dari bahasa Makassar artinya Masak. Sedangkan Kaloa adalah Kluwek atau Bumbu masak hitam, inilah yang bahan dasar dari Buah kaloa adalah rempah khas Sulawesi Selatan.

Rumah Makan yang menyajikan menu khas ini memang cukup banyak di Kota Makassar. Salah satunya, RM Pallu Kaloa 1 di Jln. Tentara Pelajar Kecamatan Wajo, Makassar Sulawesi Selatan.

Pemilik Rumah Makan Rani (26) mengaku sudah menjalani usahanya menjual Pallu Kaloa sejak 10 tahun terakhir.

Rani mengatakan per harinya bisa menghabiskan 40 kg ikan. Harga perporsinya Rp 35.000 ribu untuk bagian tengah ikan dan Rp 40.000 ribu untuk kepala ikan.

“Tiap harinya biasa menghabiskan 40 kg ikan, jenis ikannya itu ikan kakap dan karapu,” ucapnya. Selasa (19/7/2022).

Rumah makan ini buka setiap hari mulai 09.00 sampai 22.00 WITA, terkecuali hari Minggu yang hanya buka hingga siang.

Saat ini, Rani telah pekerjakan 15 Karyawan melayani pembeli. Apalagi saat jam makan siang, pengunjung akan lebih banyak lagi. Berbeda di akhir pekan ramai sejak mulai buka.

“Puncak keramaiannya itu di hari Minggu tapi kami cuman buka setengah hari karena karyawan juga mau libur,” tuturnya.

Selain Pallu Kaloa yang warung ini sajikan beberapa menu lainnya seperti Pallu mara, Cumi, Udang, Lawara, Telur ikan, Acar buah dan Sambel pete dengan harga bervariasi.

“Semua harga menu yang kami sajikan juga melihat dari harga rempah rempah di pasaran. Kalau rempah-rempah di pasaran naik, harga jualan kami juga naik”. Tutupnya

Bagi anda para pecinta kuliner, Pallu Kaloa di warung ini bisa menjadi salah satu pilihan menu makan siang anda.

Laporan: Irfan Iskandar_Mahasiswa Ilmu Komunikasi UMI Makassar