PKK Sulsel Gandeng Dinas PMD Gelar Sosialisasi Pembinaan Karakter Keluarga

BERITA.NEWS,Makassar- Tim Penggerak PKK Sulsel bekerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Sulsel, menggelar Sosialisasi Pembinaan Karakter Keluarga (KISAK dan (IMTAK).

Sosialisasi ini hadir seluruh pengurus Pokja I PKK Kabupaten dan Kota di Gedung Kartini PKK Sulsel.

Ketua TP PKK Sulsel yang di wakili Staf Ahli PKK Sulsel, Andi Kasmawati Paturusi, mengatakan, sebagai kader yang baik, hendaknya selalu mencermati isu yang berkembang dan terjadi di masyarakat.

Utamanya terkait dengan pemberdayaan kesejahteraan keluarga. Kekerasan terhadap perempuan dan anak, merupakan salah satu isu yang perlu mendapatkan perhatian melalui 10 program pokok PKK.

“Dalam setiap kesempatan, apabila memungkinkan hendaknya senantiasa di berikan sosiapisasi dan pemahaman dalam pencegahan kekerasan terhadap perempuan dan anak,” ujarnya.

“Tantangan yang di hadapi Keluarga Indonesia di era ini, adalah pola asuh anak di era digital. Dimana kita harus menerapkan perencanaan keluarga yang berkualitas,” sambungnya.

Sementara, Kepala Dinas PMD Sulsel, Muh Saleh, mengatakan, sosialisasi ini merupakan hal yang sangat penting untuk pembinaan karakter, akhlak, selamatkan generasi muda dari narkoba,

perlindungan anak, perkawinan dini, administrasi kependudukan, dan kekerasan perempuan, adalah hal yang krusial terjadi di masyarakat, yang membutuhkan peran perempuan sebagai roda penggerak.

“PKK memiliki struktur sampai ke tingkat desa. Tentu ini modal yang sangat besar bagi kami, bagaimana mensosialisasikan pembinaan keluarga.

Mengawal keluarga agar tidak terlibat narkoba, serta mencegah kekerasan terhadap anak dan perempuan,” kata Saleh.

Ia mengungkapkan, pihaknya saat ini sedang mengupayakan agar isu perlindungan anak dan kekerasan perempuan bisa masuk dalam pengelolaan dana desa. Begitupun terkait administrasi kependudukan.

“Mudah-mudahan bisa disinergikan dengan pemerintah desa. Kami juga mengajak seluruh organisasi wanita yang ada untuk bisa saling bersinergi,” harapnya.

Comment