Musda Dekranasda Sulsel, Naoemi Tekankan  Pendampingan IKM 

BERITA.NEWS,Makassar– Musyawarah Daerah (Musda) Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi rangkaikan pagelaran Sulsel Craft 2022.

Ketua Dekranasda Sulsel, Naoemi Octarina, mengatakan, Musda dan event Sulsel Craft 2022 ini bertujuan untuk membangkitkan IKM pasca pandemi Covid 19.

Dekranasda sebagai mitra pemerintah, tentu harus bisa menjadi wadah untuk pembinaan pelaku IKM, khususnya sektor kerajinan.

“Harus bersama-sama mendorong semangat berkreasi para pengrajin. Sumber daya alam kita sangat banyak,

tinggal kita siapkan sumber daya manusia agar bisa mengelola dengan baik,” ujarnya.

Bersama pemerintah daerah, Naoemi berharap Dekranasda bisa secara massif melakukan pendampingan terhadap IKM. Mulai pembinaan, pemasaran, dan pemberian bantuan modal.

“Dekranasda tidak memiliki anggaran sendiri. Karena itu, mohon perhatian OPD yang telah bersinergi dengan Dekranasda, agar melakukan pembinaan, apa saja yang harus dilakukan,” terangnya.

Menurut Naoemi, daya saing IKM harus menjadi perhatian bersama. Karena itu, ada beberapa poin yang harus terlaksana tahun ini. Antara lain, pelatihan untuk menumbuhkan wirausaha baru,

meningkatkan keterampilan para pengrajin, memperbanyak event pameran sebagai ajang pemasaran produk, pemasaran secara online, hingga kemitraan dengan sejumlah pihak terkait.

“Kerjasama atau kemitraan harus digalakkan. Melalui pendampingan, masalah-masalah yang dihadapi IKM bisa dideteksi, untuk dicarikan solusinya,” imbuhnya.

Naoemi juga berharap, Musda Dekranasda bisa menghasilkan program nyata, sekaligus menyusun program untuk 2023 mendatang. Termasuk, menggalakkan program Dekranasda Peduli.

“Saya harap, program-program kita betul-betul menitikberatkan pada pengembangan IKM agar bisa go internasional,” harapnya.

Sementara, Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman meminta agar Dekranasda bersama pemerintah kabupaten kota, melakukan persiapan menuju pagelaran Inacraft 2023.

Menyiapkan produk unggulan mereka. Ia menyatakan, Pemprov Sulsel bahkan siap memfasilitasi booth di Inacraft 2023 mendatang.

“Lakukan persiapan mulai sekarang, dengan menyiapkan produk unggulannya. Saya awalnya berharap,

Inacraft 2023 bisa dilaksanakan di Sulsel. Tapi karena tidak memungkinkan, maka kita akan upayakan agar branding Inacraft 2023 itu adalah Sulsel,” ujarnya.

Comment