Pakatto Bakal Jadi Pilot Project Desa Anti Korupsi, Bupati: Kami Optimis

BERITA.NEWS, Gowa – Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan Optimis, Percontohan Desa Anti Korupsi di Desa Pakatto, Kecamatan Bontomarannu bisa jadi Pilot Project.

Meskipun kata Adnan, dirinya menyadari bahwa Desa Pakatto masih memiliki kekurangan, baik itu dari Segi Sarana dan Prasarana, hingga Sumber Daya Manusia (SDM) yang terbatas.

“Pasti optimis, salah satu salah satu kunci untuk meraih kesuksesan itu harus dengan semangat dulu meskipun modal tidak ada, sarana tidakb ada prasarana tidak ada, tapi kalau semangat ada itu salah satu kunci kesuksesan,” ujar Bupati Adnan.

Bupati Gowa dua periode ini juga menyampaikan, dari semua indikator yang telah diberikan, Desa Pakatto memang masih memiliki banyak kekurangan dan keterbatasan dalam hal anggaran, dan juga SDM-nya. Diakui Bupati Adnan, jika SDM di Desa Pakatto memang butuh pendampingan.

Baca Juga :  DKUP Luwu Gelar Pelatihan bagi Pelaku UMKM untuk Peningkatan Ekonomi

Sekretaris Jendral Asosiasi Kabupaten/Kota Seluruh Indonesia (Apkasi) ini juga siap membackup Desa Pakatto, agar benar-benar bisa menjadi Desa Percontohan dan bisa menjadi Pilot Project untuk menjadi Desa Anti Korupsi.

“Kami siap untuk backup jadi komitmen saya waktu awal kita dengan KPK untuk dia masuk sebagai bersaing untuk menjadi percontohan Saya sudah sampaikan komitmen saya bahwa kita siapkan SDM, kita bahkan berani menurunkan SDM-SDM yang bagus dari dinas PMD dan yang kedua ketika ada hal yang harus kita siapkan oleh dana Desa, maka kita siap untuk tanggung di APBD Kabupaten,” tutur Adnan.

Seperti itulah sebuah kolaborasi untuk bisa mewujudkan Desa Pakatto terpilih menjadi Desa anti korupsi.

Sementara itu, Deputi Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat KPK, Wawan Wardiana menyebut, selain Desa Pakatto, ada 10 desa yang akan dijadikan proyek percontohan di tahun 2022.

Baca Juga :  BKPSDM Luwu Gelar Latsar PNS Formasi 2021

Diantaranya;
1. Desa Kamang Hillah Kabupaten Agam Provinsi Sumatra Barat
2. Desa Hanura Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung
3. Desa Cibiru Wetan Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa barat
4. Desa Banyu Biru Kabupaten semarang Provinsi Jawa tengah
5. Desa Sukojati Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa timur
6. Desa Kutuh Kabupaten Badung Provinsi Bali
7. Desa kumbang Kabupaten Lombok Timur Provinsi NTB
8. Desa Batusoko barat, Kabupaten Ende, provinsi NTT
9. Desa Mungguk Kabupaten Sekadau provinsi Kalbar
10. Desa Pakatto Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

  • Putri