Pemprov Rehab Daerah Irigasi Cenrana, Layani 662 Ha Lahan, Antisipasi Banjir

BERITA.NEWS,Makassar – Pemerintah Provinsi (Pemprov) kembali melanjutkan penanganan pada Daerah Irigasi Cenrana di Kabupaten Wajo untuk tahun anggaran 2022 ini.

Gubernur Andi Sudirman Sulaiman menjadikan rehabilitasi ini untuk infrastruktur pertanian. Mempertegas posisi Sulsel sebagai penopang pangan Nasional.

Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman mengatakan Pemprov saat ini tengah dalam proses pengerjaan rehabilitasi daerah irigasi tersebut.

“Saat ini tengah progres pengerjaan rehab DI Cenrana di Kabupaten Wajo. Target kita untuk menambah luas areal aliran irigasi ke lahan pertanian masyarakat,” jelasnya, Jum’at (20/5/2022).

Pekerjaan rehab tahun 2022 ini akan layani sekitar 662 hektar. Dengan luas fungsional 910 hektar.

“Kami harapkan dengan peningkatan saluran irigasi DI Cenrana, maka akan menambah luasan aliran air dari Kanal Basri Palaguna ke lahan pertanian masyarakat,” tuturnya.

Selain itu, dengan rehab saluran irigasi ini akan mengurangi tingkat kehilangan air di saluran.

“Tentu harapannya meningkatkan produktivitas pertanian masyarakat. Yang muaranya akan berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat,” imbuhnya.

Rehab ini juga sebagai bangunan pelimpah, akan berfungsi untuk mengalirkan kelebihan air agar tetap aman bila terjadi banjir.

Comment