Kadis PMD Sulsel Bicara Peluang Dana Desa Tangani AIDS, TBC dan Malaria

BERITA.NEWS,Makassar– Kepala Dinas (Kadis) Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Sulsel Muhammad Saleh bahas peluang pemanfaatan Dana Desa untuk tangani penyakit.

Kadis PMD Muhammad Saleh menilai pemanfaatan dana desa bisa saja ikut menyasar pengendalian penyakit AIDS, Tuberkulosis (TBC) dan Malaria.

M Saleh menuturkan sejak 2003 pengendalian penyakit ini oleh Kementerian Kesehatan menggunakan bantuan berubah hibah The Global Fund (GF).

“Namun bantuan tersebut akan segera berakhir. Sehingga harapannya ada dukungan dari anggaran dana desa

Baca Juga :  DKP Sulsel Tanam 38 Ribu Mangrove di Bone

untuk melanjutkan pengendalian penyakit ini,” ucapnya saat Sosialisasi Program Sustainable Systems for Health (RSSH) di Hotel Grand Celino. Kamis (12/5/2022).

Lebih lanjut, Kadis PMD M Saleh mengatakan dalam pemerintah desa ada bidang yang khusus menangani masalah kesehatan. Bisa memasukan dalam RPJMDes.

”Strategi pemanfaatan dana desa untu mengawal penanganan AIDS, TBC dan Malaria.

Menciptakan kesadaran kolektif antara lembaga desa meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat,” jelasnya.

Selain itu, dalam Sustainable Development Goals (SDGs) program baru Kementrian Desa menargetkan 18 Butir tujuan pembangunan berkelanjutan.

Baca Juga :  PKK Sulsel Gandeng Dinas PMD Gelar Sosialisasi Pembinaan Karakter Keluarga

“SDGs adalah sebuah rencana aksi global yang menjadi kesepakatan para pemimpin dunia termasuk juga Indonesia dalam mengakhiri kemiskinan.

Mengurangi kesenjangan dan melindungi lingkungan,” jelasnya.