Lewat Program Mandiri Benih Sulsel, Sekda Gowa Harap Tingkatkan Kesejahteraan Petani

BERITA.NEWS, GOWA – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gowa, Kamsina mengikuti Launching Mandiri Benih dan Penyerahan Bantuan Benih Padi, Bibit Kopi, Bibit Kakao dan Alsintan yang dilaksanakan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan secara virtual di Peace Room A’Kio, Kantor Bupati Gowa, Jum’at (22/4).

Kamsina menyambut baik launching Benih Mandiri yang sekaligus penyerahan bantuan benih bibit secara gratis ini. Dirinya menyebutkan bahwa tentu ini akan membatu petani yang ada di Sulawesi Selatan khususnya yang ada di Kabupaten Gowa.

“Alhamdulillah kita menyambut baik dengan adanya bantuan bibit padi, kakao dan kopi untuk kabupaten dan kota di Sulawesi Selatan terutama Kabuapten Gowa,” ucapnya.

Kamsina menyebutkan adapun bibit yang diterima oleh Kabupaten Gowa yaitu bibit kopi sebayak 400.000 pohon yang rencana akan ditanam Kecamatan Tombolo Pao di Desa Tamaona, Bolaromang dan Erelembang dan Kecamatan Tinggimoncong di Kelurahan Bontolerung. Kemudian di Kecamatan Parigi di Desa Manimbahoi dan Kecamatan Bontolempangan di Desa Pa’ladingang.

Baca Juga :  BKPSDM Luwu Gelar Latsar PNS Formasi 2021

Kemudian bibit kakao sebanyak 121.000 pohon yang akan di tanam di Kecamatan Parangloe di Desa Lonjoboko, Bontokassi dan Borisallo, Kecamatan Tinggimoncong di Desa Parigi dan Kecamatan Bontolempangan di Desa Bontolempangan. Kemudian benih padi sebayak 50 ton untuk lahan 2.000 Ha dan benih jagung 7,5 ton untuk 500 Ha.

“Saya berharap bantuan bibit dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan ini bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh masyarakat petani,” harapnya.

Sementara itu, Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman dalam sambutannya mengatakan bahwa benih yang dibagikan ini merupakan benih yang diproduksi sendiri oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.

Baca Juga :  Syukuran HUT Bhayangkara, Kapolres Luwu Tegaskan Tugas Polri Lebih Baik

“Bibit ini berbeda dari yang sebelumnya, kerabat sebelumnya kita beli dari produsen. Ini adalah penyediaan benih padi yang pertama kita lakukan, kita tangkar sendiri, yang kita siapkan sendiri dan kita produksi sendiri dan dikemas sesuai standar yang kita miliki,” ungkapnya.

Turut hadir mendampingi Sekda Gowa, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Gowa, Sugeng Priyanto, Kepala Dinas Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Gowa, Suhriati dan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa, Rieke Susanti.

  • Putri