Penuhi Kebutuhan Uang Pecahan Selama Ramadan, BI Sulsel Siapkan Rp 4,43 T

BERITA.NEWS,Makassar– Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sulawesi Selatan (Sulsel) pastikan ketersediaan uang pecahan bagi masyarakat yang ingin menukar persiapan ramadan hingga lebaran Idul Fitri. Selasa (29/3/2022).

BI Sulsel menyiapkan pecahan sebanyak Rp 4,43 Triliun. Tersebar di seluruh Perbankan di Kabupaten dan Kota Se-Sulsel. Angka ini melebihi jumlah yang tersedia pada 2021 lalu.

Kepala BI Sulsel Causa Iman Karana mengatakan pihaknya tetap akan siapkan sejumlah pecahan uang kecil bagi masyarakat yang ingin melakukan penukaran untuk persiapan lebaran Idul Fitri.

Baca Juga :  DKUP Luwu Gelar Pelatihan bagi Pelaku UMKM untuk Peningkatan Ekonomi

“Dalam suasana pandemi kita masih lakukan penukaran uang kecil ke masyarakat. Tergantung dari situasi pandemi, tapi rencana kita tetap melakukan itu. Termasuk ada kas keliling,” ucapnya.

Sementara itu, Deputi Direktur BI Sulsel Edy Kristianto mengatakan pihaknya sudah siap melakukan pengiriman dari Jakarta ke berbagai daerah di Indonesia.

“BI sudah siap pengiriman dari Jakarta, ke Ternate, NTT, Papua kita Bank Indonesia sudah siap penuhi kebutuhan uang ke masyarakat,” ucapnya.

Menurutnya, penukaran uang pecahan di Indonesia sudah menjadi budaya, apalagi jelang Ramadan hingg lebaran.

Baca Juga :  Syukuran HUT Bhayangkara, Kapolres Luwu Tegaskan Tugas Polri Lebih Baik

“Prediksi Rp 4.43 Triliun kita siapkan untuk kebutuhan pecahan kecil. Ada 3,62 persen kenaikan, tahun sebelumnya itu Rp 4.28 Triliun,” jelasnya.

Turut hadir mendampingi Asisten Direktur BI Sulsel Rawindra Ardiansah dan Asisten Direktur BI Sulsel
Albert Mario Davidson.