Rakor TPAKD Sulsel, Gubernur Dorong UMKM Semakin Berkembang

BERITA.NEWS,Makassar– Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Provinsi Sulawesi Selatan, Kamis, (17/3/2022).

Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Sulawesi Selatan mencatat terjadi pertumbuhan ekonomi cukup membaik dan lebih tinggi di banding nasional.

Dari sisi permintaan, pertumbuhan di triwulan IV 2021 di dorong oleh peningkatan konsumsi Rumah Tangga, investasi dan ekspor. Pertumbuhan ekonomi Sulsel 7,89 persen dan Nasional 5,02 persen.

Perkembangan ekonomi di Sulsel keseluruhan 2021, berhasil keluar dari kontraksi dan masih konsisten berada di atas tingkat pertumbuhan nasional. Ekonomi Sulsel tumbuh 4,65 persen pada 2021 dari sebelumnya -0,71 persen.

Gubernur Sulsel Andi Sudirman menyampaikan, peningkatan ekonomi di Sulsel juga terjadi pada jumlah UMKM sebagai salah satu penopang ekonomi.

“Dalam 2 tahun meningkat dari 900 ribu UMKM jadi 1,5 juta terdaftar, jika 1 UMKM dengan 2 tenaga kerja, maka ada 3 juta orang bekerja pada sektor ini.

Ini jumlah yang sangat besar menopang perekonomian masyarakat,” kata Andi Sudirman dalam Rakor tersebut.

Gubernur juga mendorong agar Sulsel dapat memacu kemandirian desa melalui BUMDes, perhatian perlu pada sektor ekonomi yang banyak bermanfaat bagi masyarakat seperti pertanian dan perikanan.

“Demikian juga UMKM di desa sebab banyak petani dan nelayan yang juga berkecimpung di UMKM,” sebutnya.

Comment