Adnan Harap Musrenbang Pemuda Lahirkan Ide Kreatif dan Inovatif untuk Kemajuan Kabupaten Gowa

BERITA.NEWS, Gowa – Pemuda menjadi salah satu unsur penting dalam suatu pembangunan daerah, sehingga dalam melakukan perencanaan dibutuhkan ide dan aspirasi generasi pemuda.

Hal ini diungkapkan Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan saat membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Pemuda Kabupaten Gowa secara virtual di Ruang Kerja Bupati Gowa, Selasa (15/3).

“Musrenbang pemuda ini dilakukan agar menjadi media penyampai aspirasi pemuda dalam pembangunan di Kabupaten Gowa dan para pemuda bisa memberikan dan membawa ide, pemikiran kreatif, dan inovatif untuk kemajuan daerah,” ungkapnya.

Ia mengaku, salah satu tujuan pembangunan yang tertuang dalam RPJMD Kabupaten Gowa tahun 2021-2026 yang merupakan perwujudan misi pertama yaitu meningkatkan kualitas hidup masyarakat, dengan pencapain sasaran indeks pemuda dengan strategi meningkatkan peran pemuda dalam pembangunan.

“Sebagai bentuk keterlibatan pemuda di Kabupaten Gowa, kami telah menetapkan Perda Nomor 1 Tahun 2019 tentang penyelenggaraan kepemudaan yang diharapkan pemuda bisa menjadi pemimpin masa depan yang lebih baik, menjadi agen perubahan yang bisa mendorong transformasi diri ke arah yang lebih baik,” jelasnya.

Baca Juga :  BKPSDM Luwu Gelar Latsar PNS Formasi 2021

Olehnya ia berharap melalui Musrenbang Pemuda ini, seluruh organisasi pemuda yang ada di Gowa mampu memberikan ide yang kreatif dan inovatif untuk kemajuan Kabupaten Gowa sendiri.

Sementara Sekretaris Badan Perencananaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Gowa, Alimuddin Hakim mengatakan, Musrenbang Pemuda ini menjadi langkah penyempurna pembangunan kepemudaan di kabupaten Gowa, untuk mencerdaskan pemuda Gowa sebagai sumbangsih pada kejayaan Indonesia.

“Dalam Forum Musrenbang Pemuda ini dilakukan melalui diskusi dan usulan dalam beberapa bidang seperti, perluasan kesempatan memperoleh pendidikan dan keterampilan, dan  meningkatkan peran serta pemuda dalam pembangunan, sosial, politik, ekonomi, budaya dan agama, serta peningkatan potensi pemuda dalam kewirausahaan kepeloporan dan kepemimpinan,” sebutnya.

Baca Juga :  DKUP Luwu Gelar Pelatihan bagi Pelaku UMKM untuk Peningkatan Ekonomi

Dari hasil diskusi ini kata Alimuddin, usulan- usulan para pemuda Gowa akan dihimpun yang kemudian menjadi rekomendasi bidang kepemudaan untuk pemerintah Kabupaten Gowa, yang diharapkan penyelenggaraan Musrenbang Pemuda ini menjadi bahan masukan untuk membahas rancangan RKPD Tahun 2023.

Kegiatan ini diikuti oleh Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni, Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Kamsina, para pimpinan SKPD Lingkup Pemkab Gowa, organisasi kepemudaan yang terdaftar pada Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Gowa, dan perwakilan dari masing-masing kecamatan yang berusia antara 15 sampai dengan 30 tahun.

  • Putri