Wabup Gowa Dampingi Gubernur Gorontalo Pantau Lahan Pembangunan TPU di Pattallassang

BERITA.NEWS, Gowa – Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni menerima kunjungan Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie di Desa Paccellekang, Kecamatan Pattallassang, Jumat (11/3).

Dalam kunjungan tersebut, Wakil Bupati Gowa menyambut baik kedatangan rombongan Gubernur Gorontalo dalam rangka peninjauan lokasi pembangunan Tempat Pemakaman Umum (TPU) masyarakat Gorontalo yang bermukim di Sulawesi Selatan.

“Kami mengucapkan selamat datang di Kabupaten Gowa kepada Bapak Gubernur. Pemilihan lokasi pemakaman ini sangat cocok karena Gowa memiliki posisi strategis yang dapat dijangkau oleh seluruh wilayah di Sulsel,” tutur Karaeng Kio’ sapaan akrabnya.

Menurutnya, dengan adanya TPU yang dibangun ini, ke depannya akan sangat membantu. Sehingga jika ada warga masyarakat Gorontalo yang meninggal tidak perlu lagi mengurus untuk dipulangkan ke Gorontalo. Cukup dimakamkan di TPU ini.

“Sebagai bagian dari pemerintah, kami memahami bagaimana kondisi kemasyarakatan yang diamati oleh Bapak Gubernur. Utamanya bagi warga perantau Gorontalo di Sulsel, yang juga harus mendapat perhatian oleh pemerintah,” sambungnya.

Baca Juga :  BKPSDM Luwu Gelar Latsar PNS Formasi 2021

Untuk diketahui, Pemerintah Provinsi Gorontalo telah membebaskan lahan seluas 800 meter persegi di Desa Paccellekang, Kecamatan Pattallassang untuk dijadikan TPU bagi masyarakat Gorontalo perantau yang bermukim di Sulawesi Selatan.

“Saya Insya Allah akan mengakhiri jabatan gubernur yang kedua kali pada tanggal 12 Mei 2022 sehingga beberapa bulan ini saya jalan terus mengecek program-program saya di luar dan dalam Gorontalo. Termasuk lokasi TPU ini yang akan menjadi pemakaman orang Gorontalo yang dikelola oleh KKIG,” terang Gubernur Gorontalo, H Rusli Habibie saat ditemui usai peninjauan lokasi TPU.

Sebelumnya, Pengurus Kerukunan Keluarga Indonesia Gorontalo (KKIG) Provinsi Sulsel telah melakukan audiens dengan Bupati Gowa terkait pembangunan TPU untuk warga Gorontalo yang berlokasi di Kabupaten Gowa.

Baca Juga :  Syukuran HUT Bhayangkara, Kapolres Luwu Tegaskan Tugas Polri Lebih Baik

“Saya berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Gowa, DPRD yang telah memfasilitasi pengadaan lahan untuk tempat pemakaman keluarga Gorontalo. Terima kasih juga untuk kerjasama Pemerintah Kecamatan, Desa, Babinsa, dan Bhabinkamtibmas yang membantu hingga sampai di tahapan ini,” lanjutnya.

Di tahun ini juga, Pemerintah Provinsi Gorontalo juga akan memfasilitasi pengadaan mobil jenazah untuk mengantar hingga ke TPU. Mobil jenazah ini nantinya juga akan dikelola oleh KKIG Provinsi Sulsel di Makassar.

Pada kunjungan ini, turut mendampingi Wakil Bupati Gowa, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Gowa, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Gowa, Kepala Dinas Perumahan, Pemukiman, dan Pertanahan Kabupaten Gowa, serta Camat Pattallassang.

  • Putri