Bupati Adnan Bahas Inovasi Hukum Daerah Dihadapan Ratusan Mahasiswa Unhas

BERITA.NEWS, Gowa – Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan menjadi salah satu narasumber pada Alumni Talk : Kiprah Sang Pemimpin yang digelar dalam bentuk virtual, Rabu (8/3).

Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian dari Dies Natalis Ke-70 Fakultas Hukum, Universitas Hasanuddin Makassar.

Orang nomor satu di Gowa ini, berbagi informasi mengenai Inovasi Hukum Pemimpin Daerah dalam Sinergi Membangun Daerah yang diikuti 700-an orang partisipan dari mahasiswa Hukum Unhas.

Ia mengatakan, dalam industri 4.0 secara bertahap dilakukan dengan internet dan teknologi sehingga perubahan pola pikir, pola kerja, dan pola hidup diberbagai negara ditandai dengan ciri-ciri yang sederhana, cepat, lebih mudah dan murah.

“Pemerintah dituntut untuk segera merespons perubahan keinginan dan kebutuhan masyarakat agar masyarakat tidak dirugikan dengan pembuatan regulasi, sehingga inovasi hukum sangat dibutuhkan dalam industri 4.0 ini salah satunya menyelesaikan permasalahan hukun melalui penguatan pelayanan hukum dan edukasi hukum kepada masyarakat,” ungkapnya.

Baca Juga :  BKPSDM Luwu Gelar Latsar PNS Formasi 2021

Adnan menyebutkan, beberapa inovasi hukum Pemkab Gowa yakni inovasi pencegahan dan pemberantasan korupsi seperti nota kesepakatan antara Pemkab Gowa dengan Kejaksaan Negeri Gowa sebagai pengacara negara dalam melakukan pendampingan hukum pada proses pengadaan barang jasa dan pelaksanaan pembangunan infrastruktur.

“Kita juga bekerjasama dengan tim korsupgah KPK RI ke-3, penetapan zona integritas, penerapan Whistle Blower System, pencegahan korupsi dana desa dan percontohan desa anti korupsi oleh KPK yang merupakan satu-satunya daerah di Sulawesi Selatan,” jelas Adnan.

Tak hanya inovasi pencegahan korupsi, Pemkab Gowa juga memiliki inovasi dalam pengelolaan keuangan dan Aset daerah yang tentu dilakukan untuk mencegah berbagai permasalahan hukum yanh ada.

Baca Juga :  DKUP Luwu Gelar Pelatihan bagi Pelaku UMKM untuk Peningkatan Ekonomi

“Pada inivasi ini kita melakukan penguatan peran Apip dalam pencairan anggaran, penyelamatan aset pemda, pemberlakuan NPWP cabang atau lokasi bagi pelaku usaha di Gowa agar PAD masuk di Kabupaten Gowa,” tambahnya.

Olehnya ia berharap melalui Dies Natalis Fakultas Hukum Unhas, dirinya yang juga merupakan alumni berharap Fakultas Hukum melahirkan lulusan yang responsif, terhadap kebutuhan hukum masyarakat yang berkeadilan dan membahagiakan.

  • Putri