Inflasi Sulsel Februari 2022 Sebesar 2,31% (yoy), Tertinggi di Kabupaten Bone

BERITA.NEWS,Makassar– Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sulawesi Selatan (Sulsel) mencatat Inflasi per Februari 2022 capai 2,31 persen (yoy), tertinggi berada di Kabupaten Bone. Jumat (4/3/2022).

Kepala BI Sulsel Causa Iman Karana mengatakan Sulawesi Selatan mengalami inflasi tahunan sebesar 2,31% (yoy) atau berada dalam sasaran inflasi nasional 2022 yaitu 3,0±1%.

“Secara bulanan, Sulsel mengalami deflasi sebesar -0,04% (mtm) atau lebih rendah di bandingkan inflasi pada Januari 2022 yang tercatat sebesar 0,57% (mtm),” ucapnya.

Causa Iman mengatakan dari 5 kota IHK di Sulsel (Bulukumba, Makassar, Palopo, Pare-pare, dan Watampone).

Inflasi spasial tertinggi di alami oleh Kabupaten Watampone sebesar 0,15% (mtm).

“Sedangkan deflasi tertinggi Kabupaten Bulukumba yaitu sebesar -0,26% (mtm). Sementara itu, secara tahun kalender, inflasi Sulsel tercatat sebesar 0,53% (ytd),” sebutnya.

Secara bulanan, deflasi di Sulsel utamanya oleh Kelompok Makanan, Minuman, dan Tembakau; Informasi, Komunikasi, dan

Jasa Keuangan; Kesehatan dengan besaran deflasi masing-masing sebesar -0,40%; -0,05%; dan -0,02% (mtm).

“Deflasi yang lebih dalam di bulan ini tertahan oleh inflasi dari Kelompok Perawatan Pribadi dan Jasa Lainnya; Rekreasi, Olahraga, dan Budaya;

Perlengkapan, Peralatan, dan Pemeliharaan Rutin rumah tangga dengan inflasi masing-masing sebesar 0,46%; 0,21%; dan 0,19% (mtm),” jelasnya.

Deflasi Kelompok Makanan, Minuman, dan Tembakau memiliki andil deflasi sebesar -0,12%, pengaruhnya harga cabai rawit, telur ayam ras, minyak goreng, cabai merah, dan kacang panjang turun.

“Deflasi Kelompok Makanan disebabkan oleh masuknya pasokan cabai rawit, cabai merah, dan telur ayam ras yang berlimpah pasca panen,” paparnya.

Penurunan harga minyak goreng adanya  Permendag No.6 Tahun 2022 terkait penetapan harga eceran tertinggi minyak goreng sawit dan mulai masuknya pasokan minyak goreng sawit di Sulsel.

“Di sisi lain, deflasi Kelompok Makanan lebih dalam tertahan oleh kenaikan harga bawang merah, gula pasir, air kemasan, ikan cakalang, dan tempe,” pungkasnya.

Comment