Kelebihan dan Kekurangan Serta Tips Membeli Isuzu Traga Bekas

BERITA.NEWS – Di segmen mobil pick up dengan persaingan yang tinggi, Isuzu Traga menonjol sebagai salah satu mobil yang kuat dan tahan lama. Tentu saja nama besar Isuzu sangat membantu Traga mendapatkan popularitasnya. Traga bahkan merupakan satu diantara produk unggulan Isuzu di Indonesia setelah Isuzu Panther tak lagi diproduksi.

Isuzu Traga merupakan mobil pick up yang sudah mendapatkan berbagai fitur menarik. Sehingga banyak yang menjadikan mobil ini sebagai pilihan untuk bisnis maupun sebagai mobil angkutan. Bukan hanya mobil baru, tapi Isuzu Traga bekas masih menjadi primadona karena durabilitas mobil yang sudah teruji. Penasaran ingin membeli mobil ini? Intip dulu apa saja kelebihan dan kekurangan Isuzu Traga saat ini.

Kelebihan Isuzu Traga

Berbagai model yang bermain di segmen pick up tentunya memiliki kelebihan dalam hal daya angkut dan kapasitas mesin. Lalu bagaimana dengan Isuzu Traga? Harga Isuzu Traga bekas yang terjangkau merupakan satu dari sekian banyak alasan pebisnis memilih mobil bekasnya.

Penasaran dengan keunggulan mobil ini? Berikut beberapa kelebihan dari pick up andalan Isuzu yang bisa Anda dapatkan.

Kapasitas bak besar

Isuzu menyebutkan bahwa Traga memiliki keunggulan berupa kepraktisan berkendara, termasuk dengan kapasitas bak belakang yang besar. Bak besar merupakan keuntungan bagi pemilik kendaraan dan pebisnis untuk membuat kendaraan menjadi lebih efisien dan mampu mengangkut lebih banyak barang.

Dengan dimensi panjang hingga 2,8 meter serta lebar 1,6 meter membuat Traga memiliki luas kargo belakang mencapai 4,6 meter persegi. Isuzu mengklaim bahwa mobil ini mampu mengangkut hingga 60 galon air. Jauh lebih banyak dibandingkan dengan 48 galon air yang dimiliki oleh pesaingnya.

Ruang kabin modern

Ruang kabin yang lega dan terasa lapang bisa menampung hingga tiga orang di dalamnya. Untuk menambah kenyamanan berkendara, Isuzu menghadirkan kabin yang modern dengan beberapa perangkat hiburan, seperti pemutar radio dan fitur USB. Bisa menemani ketika harus berkendara dalam perjalanan jauh.

Walaupun interior Isuzu Traga masih mengadopsi material plastik keras. Tapi dibandingkan dengan pesaingnya, Traga masih tetap nyaman dengan busa kursi yang tebal dan sudah dilengkapi dengan blower. Ruang kabin dibuat ergonomis dengan pengoperasian tuas dan tombol yang mudah dijangkau.

Mesin Isuzu Panther

Yang membuat Traga semakin mengesankan adalah mobil ini menggunakan mesin yang sama dengan yang digunakan oleh Isuzu Panther, yaitu merin 4JA1-L yang legendaris. Menghadirkan tenaga maksimal 80 PS yang sudah didapatkan pada putaran mesin 3.500 rpm dan torsi puncak 191 Nm pada putaran 1.800 rpm.

Mesin ini juga dikenal karena konsumsi BBM yang efisien dan irit. Bahkan berdasarkan pengujian internal yang dilakukan oleh Isuzu, Traga mampu menghadirkan konsumsi 11,7 km/l untuk jalanan perkotaan. Isuzu mengklaim mobil ini memiliki konsumsi BBM 2,5% lebih irit dibandingkan kompetitornya.

Praktis dan dinamis

Kepraktisan yang ditawarkan oleh Isuzu Traga selain kapasitas penyimpanan yang besar terletak pada pengendaraannya. Traga memiliki ground clearance 200 mm, terbilang tinggi dibandingkan dengan pesaingnya. Apalagi dimensinya yang kompak menghadirkan radius putar yang kecil, yaitu 4,4 meter. Membuatnya lebih dinamis diajak berkendara di jalanan yang sempit.

Selain kenyamanan, Traga tak lupa menawarkan rasa berkendara yang aman bagi pengemudi dan penumpang di dalam kabin. Isuzu menyematkan roda depan dengan disc brake yang lebih besar serta roda belakang dilengkapi dengan rem tromol untuk membuat pengereman semakin baik. Walaupun tak sebagus mobil penumpang biasa, tapi sudah cukup aman ketika berkendara.

Kekurangan Isuzu Traga

Bagi Anda yang ingin membeli mobil ini, ada beberapa hal yang patut diperhatikan ketika menggunakan Isuzu Traga. Berikut beberapa kekurangan Isuzu Traga dibandingkan pesaingnya di segmen yang sama.

Fitur terbatas

Meski tampilannya sudah lebih baik, tapi fitur yang disematkan pada mobil ini sayangnya lebih sedikit dibandingkan dengan mobil penumpang, seperti MPV maupun SUV. Misalnya saja sistem keselamatan Traga masih jauh ketinggalan. Dengan pengereman standar, belum ada pilihan sistem pengereman ABS (Anti-lock Braking System) atau EBD (Electronic Brakeforce Distribution), bahkan pesaingnya asal China sudah mendapatkan fitur AC.

Suara mesin berisik

Karena masih menggunakan mesin diesel, Traga juga banyak dikeluhkan karena bunyi mesin bisa dibilang berisik. Bunyi mesin yang besar ini memang menjadi salah satu kelemahan mesin diesel. Apalagi mobil pick up tak didukung dengan ruang kabin yang kedap. Tapi suara tersebut sampai mengganggu pengendaraan.

Hanya ditawarkan dalam transmisi manual

Sebagian besar mobil baru saat ini menggunakan transmisi otomatis atau CVT yang dikenal lebih efisien dan lebih mudah digunakan ketika berada di jalanan perkotaan. Tapi sayangnya Traga masih ditawarkan dalam pilihan transmisi manual 5-percepatan. Walaupun untuk sekelas pengendaraan di luar kota, transmisi manual lebih efisien dan lebih baik untuk konsumsi BBM yang lebih baik.

Tips Membeli Isuzu Traga

Karena tujuan dan penggunaan Isuzu Traga sangat berbeda dengan mobil penumpang biasa, seperti Isuzu Panther maupun Toyota Avanza, maka tips pembeliannya pun tak bisa disamakan. Ada beberapa komponen penting yang harus lebih diperhatikan. Berikut beberapa faktor yang perlu dicek ketika membeli Isuzu Traga bekas.

Cek kondisi suspensi

Mengangkut barang berat tentu saja mempengaruhi suspensi mobil. Tapi hal ini tentu saja tak bisa dihindari dari mobil pick up. Oleh karena itu, pastikan untuk mengecek kondisi suspensi sebelum membeli mobil. Meski mobil dengan suspensi per daun terbukti kuat, Anda perlu memastikan pegangan maupun shockbreaker mobil masih berada dalam kondisi yang baik.

Periksa bak angkut

Bak angkut bisa dibilang merupakan bagian penting dalam sebuah mobil pick up. Bak belakang yang penyok-penyok memang mengganggu, tapi tak menghilangkan kekuatan penyimpanan belakang. Yang lebih patut diperhatikan adalah kondisi bak. Pastikan bak berada dalam kondisi bersih terawat dan jauh dari kondisi berkarat maupun lantai yang sudah keropos.

Cek sasis mobil

Jika mobil penumpang dilihat dari kondisi bodinya, maka mobil pick up dilihat dari apakah sasis mobil masih kokoh atau sudah bekok hingga karatan. Caranya memang tak mudah, Anda harus mengecek bagian kolong mobil dan memperhatikan jika ada komponen yang sudah lepas maupun berkarat. Sasis yang masih kokoh tentunya akan menjaga durabilitas mobil untuk mengangkut barang.

Periksa dokumen kendaraan

Karena mobil pick up seringkali dimiliki oleh perusahaan atau pebisnis, maka yang harus diperiksa kembali yaitu dokumen resmi kendaraan. Beberapa dokumen yang perlu diperhatikan yaitu STNK mobil, BPKB, serta surat mengenai KIR yang menandakan bahwa kendaraan tersebut layak digunakan sebagai mobil angkutan.

Dan tak jauh berbeda dengan mobil penumpang, cara terbaik untuk mengetahui apakah mobil memiliki masalah terpendam adalah dengan melakukan uji jalan atau test drive. Perhatikan apakah mesin lebih berisik sehingga mengganggu pengendaraan atau jika ada bunyi mengetuk ketika mobil berjalan. Jika perlu, periksa mobil ke bengkel untuk menghindari masalah besar di kemudian hari.

Untuk Isuzu Traga bekas yang baru diperkenalkan pada tahun 2018, Anda bisa mendapatkannya dengan harga mulai dari Rp 150 jutaan saja. Ingin mencari mobil bekas lainnya? Dapatkan beragam informasi mengenai mobil baru dan bekas serta tips dan trik perawatan mobil terlengkap hanya di Hargamobil.