Wabup Gowa Dampingi Kasdam XIV Hasanuddin Ziarah ke Makam Sultan Hasanuddin

BERITA.NEWS, Gowa – Wakil Bupati Gowa, H Abd Rauf Malaganni menerima sekaligus mendampingi Kasdam XIV Hasanuddin, Brigjen TNI Dany Budiyanto beserta jajaran ziarah ke Makam Sultan Hasanuddin di Kelurahan Katangka, Kecamatan Somba Opu, Selasa (15/2).

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Gowa menyampaikan selamat datang di Kabupaten Gowa di tempat kelahiran Raja Gowa Sultan Hasanuddin yang sekarang menjadi bagian dari nama Kodam XIV Hasanuddin.

“Ziarah makam sangat tepat dilakukan karena selama ini setiap ada pejabat baru di jajaran Kodam XIV Hasanuddin pasti selalu datang ziarah ke Makam Sultan Hasanuddin ini,” ujarnya.

Baca Juga :  DKUP Luwu Gelar Pelatihan bagi Pelaku UMKM untuk Peningkatan Ekonomi

Kr Kio sapaan Wakil Bupati Gowa menjelaskan bahwa Sultan Hasanuddin merupakan Raja Gowa yang Ke-16. Sultan Hasanuddin memiliki nama lengkap Muhammad Bakir I Mallombasi Daeng Mattawang Kareng Bonto Mangape.

“Sultan Hasanuddin ini digelar sebagai Ayam Jantan Dari Timur oleh Belanda karena keberaniannya melawan penjajah pada saat itu,” ungkapnya.

Olehnya itu, dirinya berharap melalui ziarah makam nilai-nilai keberanian dan kepahlawanan Sultan Hasanuddin dapat diteladani oleh seluruh prajurit Kodam XIV Hasanuddin. Dirinya juga berharap Kasdam XIV Hasanuddin yang baru saja menjabat ini bisa menjalankan tugas dengan baik.

Baca Juga :  Hadiri Upacara Rambu Solo di Bastem, Basmin: Kita Satu Rumpun Keluarga Luwu

“Selain Sultan Hasanuddin, kami di Kabupaten Gowa juga memiliki dua pahlawan nasional lainnya, yaitu Tuanta Salamaka Syekh Yusuf dan Karaeng Pattingalloang, sehingga Kabupaten Gowa saat ini memiliki 3 pahlawan nasional,” tambahnya.

Turut hadir dalam ziarah makam ini, Dandim 1409 Gowa, Letkol Inf Prasetyo Ari Wibowo, Camat Somba Opu, Agus Salim.

  • Putri