Covid-19 Melonjak, Dinkes Makassar Pastikan Ketersediaan BOR Memadai

Kadis Kesehatan Kota Makassar dr Nursaidah Sirajuddin (Ist)

BERITA.NEWS,Makassar– Dinas Kesehatan Kota Makassar pastikan Bed Occupancy Rate (BOR) atau keterisian tempat tidur memadai, antisipasi Covid-19 yang mulai melonjak. Jumat (11/2/2022).

Angka kasus harian di Kota Makassar terus meningkat sepekan terakhir. Per 9 Februari 2022 mencapai 322 orang positif. Olehnya itu, Dinas Kesehatan mengimbau agar masyarakat lebih patuh Prokes Covid.

“Data BOR kita itu untuk ketersediaan tempat tidur, itu sebanyak 1.384 yang tersedia, yang terpakai itu 132. Itu data BOR, berarti kita ada di posisi 96,1persen,” kata Nursaidah.

Menurutnya penyebaran Omicron memang sangat cepat tapi itu sebanding dengan tingkat penyembuhannya. Karena itu, pasien yang terkonfirmasi Omicron tidak terlalu lama jalani perawatan di rumah sakit.

“Karena memang Omicron ini sangat cepat tapi penyembuhanya juga sangat cepat. Untuk hari ke-5 itu sudah bisa dilakukan PCR untuk melihat kalau dia negatif berarti harus ulang besoknya. Kalau 2 kali berturut-turut negatif itu dianggap sudah sehat,” katanya.

dr Nursaidah meminta agar masyarakat tetap patuh untuk menjalankan protokol kesehatan. Sebab meskipun pemerintah telah menyiapkan berbagai langkah antisipasi namun protokol kesehatan longgar, maka kasus tetap akan meluas.

“Mudah-mudahan dengan dirilisnya data per hari walaupun banyak tetapi sedikit yang di rumah sakit. Itu saya pikir tidak ada masalah namun agaimana masyarakat dan protokol kesehatan,” katanya.

Comment