Pandemi Covid-19, Wali Kota Makassar Sebut Digitalisasi Jadi Solusi

BERITA.NEWS,Makassar– Wali Kota Makassar Mohammad Ramadhan ‘Danny’ Pomanto menilai digitalisasi menjadi solusi di masa pandemi Covid-19.

Danny mengatakan pandemi Covid-19 ada jarak di masyarakat melakukan interaksi dan transaksi. Digitalisasi menjadi solusi tepat untuk mendukung hal tersebut.

“Pandemi benar membuktikan bahwa digitalisasi adalah solusi. Untuk kami di daerah-daerah, kata digitalisasi menjadi sesuatu yang terus dan literasinya juga intens,” ucapnya.

Menurutnya, makassar telah berada pada pemanfaatan teknologi atau digitalisasi selama masa pandemi Covid-19.

Baca Juga :  MUI Sulsel Terbitkan Fatwa Uang Panai, Simak Isinya

“Untuk digitalisasi atau smart city, Makassar membuat konsep sekaligus jembatan agar masyarakat bisa terlibat secara utuh,ā€ ujar Danny Pomanto.

Danny mengatakan smart city di Makassar bukan sekadar teknologi canggih, tapi juga harus memiliki sentuhan baik dari masyarakat.

Sebab, lanjut Danny, tanpa keterlibatan masyarakat, akan sulit untuk menjadikan suatu kota sebagai kota cerdas atau smart city.

“Pemerintah kota harus memiliki komitmen yang tertuang dalam regulasi. Untuk mewujudkan smart city sebagai solusi, pemerintah harus menjadi akselerator,” jelasnya.

Baca Juga :  MUI Sulsel Terbitkan Fatwa Uang Panai, Simak Isinya

Salah satu yang dilakukan pemerintah Makassar terkait digitalisasi kota adalah dengan membuat sistem Makassar Recover, atau Smart Emergency Protocol Against Covid-19 and Service.