Rancang RKPD 2023, Pemkab Luwu Gelar Forum Konsultasi Publik

BERITA.NEWS, Luwu – Pelaksanaan Forum Konsultasi Publik (FKP) Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2023 dilaksanakan di Aula Bappeda Luwu, Selasa (18/1/2022).

Hadir dalam kegiatan FKP antara lain, Bappelitbangda Provinsi Sulsel, Sekda Luwu Sulaiman mewakili Bupati, Ketua DPRD Luwu Rusli Sunali, para tamu undangan, Kepala OPD, unsur Muspida, BPN, BPJS, Perbankan, Camat, tokoh pemuda, tokoh agama, lembaga Ormas LSM, dan insan pers.

Kepala Bappeda Luwu Achmad Awwabin sekaligus ketua pelaksana kegiatan FKP dalam laporanya menyampaikan bahwa kegiatan FKP ini adalah suatu cara untuk melibatkan partisipasi masyarakat dan pemangku kepentingan dalam merumuskan peraturan kebijakan untuk mendapatkan masukan dan saran terhadap prioritas program dan kegiatan pembangunan daerah.

”Tujuan pelaksanaan FKP ini adalah untuk membahas rancangan, penerapan dampak dan evaluasi kebijakan serta permasalahan dalam pelaksanaan penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat terutama di bidang pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan,” katanya.

Baca Juga :  Bupati Luwu Hadiri PSBM XXII di Makassar

“Kemudian menyepakati rumusan, tujuan, sasaran, prioritas, arah kebijakan, program serta indikator yang tercantum dalam rancangan awal RKPD tahun 2023. Dan poin yang ketiga, adalah memperoleh masukan penyempurnaan rencana awal RKPD tahun 2023,” jelas Achmad Awabin.

Selanjutnya, Sekda H Sulaiman yang mewakili Bupati Luwu menyampaikan bahwa berbagai leading indikator di tahun 2021, Pemkab Luwu mengalami pertumbuhan ekonomi sebesar 1,30% dan itu mengalami deviasi sebesar 2,07% dari yang ditarget RKPD tahun 2021 yakni 3,37%.

Penyebab indikator tersebut, adanya wabah atau pandemi Covid-19 yang mengakibatkan melemahnya konsumsi serta daya beli masyarakat.

Baca Juga :  TP PKK Luwu Sosialisasikan Pemanfaatan Pekarangan Hatinya PKK, PHBS dan 5 Pilar STBM

Namun Pemerintah Daerah tetap berupaya mengagendakan kebijakan normal baru agar krisis ekonomi tidak berkepanjangan, dan Kabupaten Luwu menjadi kabupaten yang maju, mandiri, dan sejahtera dalam nuansa religi.

Ditambahkannya bahwa Bupati Luwu Basmin Mattyang berharap ada saran serta masukan dari berbagai pihak untuk menyempurnakan RKPD Tahun 2023 mendatang.

“Mari kita berfikir cerdas, inovatif, kreatif serta ‘think out of the box’ dan memflash back data capaian di tahun-tahun sebelumnya sehingga mampu menghasilkan impack yang besar,” tambahnya.

  • Muh Asri