Tertibkan Aset Latanete Plaza, Pemprov Kosongkan Wisma RedDoorz

BERITA.NEWS,Makassar– Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel tertibkan Wisma Robinson RedDoorz di Latanete Plaza. Hak Guna Bangunan (HGB) jatuh tempo sejak 2011 lalu.

Wisma RedDoorz di Latanete Plaza menempati dua bangunan Blok C nomor 1 dan 2. Pengelola menyulap ruko lantai 3 itu menjadi puluhan kamar penginapan.

Meski sempat mendapat protes dari beberapa orang yang mengaku Lawyer Wisma RedDorrz. Personil Satpol PP dan PT Perseroda tetap lakukan pengosongan gedung.

Tim Litigasi Biro Hukum Pemprov Sulsel Mauliyadi mengatakan penertiban aset ini berdasarkan PP no 40 tahun 1996 tentang Hak Pengelolaan, Guna Usaha dan Pakai dan PP nomor 18 tahun 2021.

Baca Juga :  Gubernur Sulsel Resmikan Kampus UMKM Shopee di Makassar

“Disitu mengatakan hak guna usaha atas hak pengelolaan maka untuk perpanjang harus persetujuan hak pengelola PT Perseroda,” jelasnya. Senin (17/1/2022).

“HGB nya berakhir 2011, kalau berakhir maka kembali kepada pemegang hak pengelolaan. Wajib serahkan kesana, kami tidak bicara kwitansi kami HGB. Silahkan cek ke pertanahan HGB ini,” tambahnya.

Sementara itu, Pengacara PT Perseroda Tarsis Mukhtar katakan HGB jatuh tempo 2011, tidak masuk perpanjangan. Sehingga Pemprov Sulsel lakukan penertiban.

“HGB jatuh tempo 2011, kami sudah sarankan lengkapi administrasi supaya bisa perpanjang, tapi tidak di perpanjang ternyata tidak penuhi persyaratan,” ucapnya.

Tarsis mengatakan izin hak kelola tetap akan keluar, asal mengikuti prosedur admistrasi yang sudah jadi ketetapan PT Perseroda.

Baca Juga :  Ruas Pinrang - Rappang Mulai Pengerjaan, Anggarkan Rp 34 M di 2022

“Bisa di tempati, tapi sudah tidak bisa HGB, hanya dalam bentuk sewa biasa sampai 5 tahun. Ini ada Permendagri,” tegasnya.

Diketahui,  ada 4 Ruko masuk daftar penertiban.  Toko Rewa Busana dan Sutera Blok B nomor 12 A, Blok A nomor 9, Bangunan Blok C nomor 1 dan 2 kini menjadi Wisma Robinson RedDoorz.