Vaksin Booster di Sulsel, Makassar Penuhi Syarat Kemenkes

BERITA.NEWS,Makassar- Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulawesi Selatan (Sulsel) dr Arman Bausat sebut hanya Kota Makassar yang memenuhi syarat Kemenkes lakukan Vaksin Booster. Selasa (11/1/2022).

dr Arman mengatakan Vaksin Booster mulai dilakukan 12 Januari 2022. Hanya saja, ada persyaratan yang mesti dipenuhi tiap daerah. Dilihat capaian vaksinasi dosis pertama 70 persen dan dosis kedua 60 persen.

Sedangkan Sulsel, hanya Kota Makassar dari 24 Kabupaten dan Kota yang sudah capai target persyaratan. Realisasi capaian vaksin dosis pertama 85,61 persen dan dosis kedua 64 persen.

Baca Juga :  Forkopimda Targetkan Vaksinasi 100 Persen Akhir Maret

“Kota Makassar sudah bisa tapi kabupaten kota lainnya belum bisa. Karena masih rendah semua dosis keduanya. Tana toraja juga mendekati karena dosis ke dua sudah di angka 58,49 persen,” ujarnya.

Meksi begitu, dr Arman mengaku belum mendapat rekomendasi Kemenkes untuk melakukan Vaksin Booster. Sulsel, kata dia akan menggunakan vaksin pfizer dan moderna untuk dosis ketiga tersebut.

“Nah untuk vaksin booster ini kan diumumkan tanggal 12. Tapi sampai saat ini kami belum ada pemberitahuan dari kemenkes bahwa akan didistribusikan vaksin untuk booster di Sulsel,” ujarnya.

Baca Juga :  Plt Gubernur Sulsel Pastikan Hadiri HUT Ormas MKGR ke 62

“Vaksinasi booster akan diprioritaskan untuk usia diatas 18 tahun keatas dan dilaksanakan di kabupaten/kota dengan kriteria capaian vaksinasi dosis pertama 70 persen dan dosis kedua 60 persen. Agus mengatakan sampai saat ini terdapat 244 kabupaten/kota yang sudah memenuhi kriteria,” pungkasnya.