Plt Gubernur Curhat ke Menteri ATR, Bahas Masalah Aset Lahan Pemprov Sulsel

BERITA.NEWS,Makassar– Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman sampaikan curahan hati (Curhat) soal masalah aset lahan Pemprov kepada Menteri Agraria Tata Ruang (ATR) Sofyan Djalil di Makassar. Rabu (5/1/2022).

Andi Sudirman mengatakan Pemprov Sulsel saat ini tengah berupaya untuk penyelamatan sejumlah aset bermasalah. Ada lahan Masjid Al-Markaz Makassar yang digugat status hak kepemilikan.

“Kami bertarung untuk 7 tanah strategis di Sulawesi Selatan. Kemarin saya baru tanda tangan BAP untuk perjuangkan tanah Al-Markaz. Karena itu tanah titip Jendral Yusuf nilainya itu Rp 7 Triliun,” ucap Andi Sudirman kepada Menteri ATR Sofyan Djalil dalam sambutannya.

Baca Juga :  Periode Andi Sudirman, BPS Sebut Angka Kemiskinan Sulsel Turun 0,25 Persen

Sementara itu, Menteri ATR Sofyan Djalil mengatakan pihaknya sudah mendapat instruksi Presiden Jokowi agar percepat pendaftaran tanah masyarakat dan pemerintahan. Termasuk, berantas mafia Tanah.

“Inilah bapak presiden tertibkan masalah pertanahan. Menteri ATR diperintahkan percepat bereskan administrasi pertanahan tahun 2019 ada 11,4 juta tanah terdaftar, tahun 2020 ada 8 juta dan tahun ini kita berhasil daftarkan lebih dari 10 juta,” ucapnya.

Sofyan mengatakan Negara menargetkan di 2025 mendatang seluruh tanah di Indonesia sudah terdaftar. Hal itu dipercaya bisa memberikan dampak turunnya potensi konflik lahan di masyarakat.

Baca Juga :  Pemprov Sulsel Gelar Turnamen Korpri Cup 1 Antar OPD

“Target kami 2025 seluruh tanah sudah bisa kita daftarkan. Potensi konflik kurang dimasa yang datang. Pemda banyak aset tidak jelas. Termasuk ada tanah wakaf cucunya yang menggugat,” ujarnya.

“Pak gubernur kami punya komitmen lindungi aset pemerintah. Supaya Aset tertib. DKI pernah beli asetnya sendiri Rp 700 miliar hilang beli asetnya sendiri,” ungkapnya.

Andi Khaerul