Realisasi Belanja APBD 2021 Pemprov Sulsel Capai 93,02%

BERITA.NEWS,Makassar– Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Sulawesi Selatan merilis capaian realisasi belanja Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) hingga akhir tahun 2021. Naik sebesar 5 persen dari 2022.

Hal itu disampaikan, Kepala BKAD Sulsel Muhammad Rasyid menyatakan terjadi kenaikan realisasi anggaran hitungan triwulan pertama hingga keempat APBD hingga 31 Desember 2021 sekitar 93,02 persen atau Rp 10 Triliun lebih.

“Realisasi anggaran tahun 2021 naik sekitar 5% dari tahun 2020 yang realisasinya sebesar 88,88%. Kemungkinan akan bertambah dengan penginputan realisasi dana BOS pdaa SMA/SMK/SLB, sehingga belanja diperkirakan bisa mencapai 94%,” bebernya.

Baca Juga :  Forkopimda Targetkan Vaksinasi 100 Persen Akhir Maret

Rasyid menilai capaian kali ini bagian dari upaya kerja keras seluruh Organsiasi Perangkat Daerah (OPD) mempercepat serapan anggaran untuk masing-masing program yang ditelah ditentukan.

“Terkait peningkatan kinerja pendapatan dan beberapa penekanan dari Bapak Plt Gubernur terkait percepatan serapan anggaran di semua OPD terutama yang terkait dengan prioritas dan target RPJMD,” jelasnya.

Sementara itu, Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman mengaku bersyukur pihaknya bisa melakukan kinerja untuk menyerap anggaran yang sudah disiapkan sehingga terjadi peningkatan realisasi dibanding tahun lalu.

Baca Juga :  Plt Gubernur Sulsel Pastikan Hadiri HUT Ormas MKGR ke 62

“Alhamdulillah, realisasi anggaran tahun 2021 meningkat dan mencapai 93,02%. Kita harap tahun 2022 dapat lebih baik,” katanya.