Dampak Gempa, Plt Gubernur Sulsel Serahkan Bantuan Rp 8 Miliar ke Pemerintah Selayar

Plt Gubernur serahkan Bantuan Keuangan Bencana ke Pemerintah Selayar (Ist)

BERITA.NEWS, Selayar– Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman memberi secara resmi bantuan anggaran Rp 8 Miliar kepada Bupati Kabupaten Selayar Basli Ali.

Dirinya berharap bantuan itu bisa dimanfaatkan oleh Pemkab Selayar. Terutama untuk membenahi dampak gemba bumi.

“Kami harap bantuan ini dapat digunakan untuk upaya pemulihan kepada korban terdampak gempa. Kami harap Pemkab dapat melakukan sistem penganggaran yang betul-betul dibutuhkan oleh masyarakat serta dapat tanggungjawab secara tepat dan akuntabel,” ujarnya, Minggu (19/12/2021).

Baca Juga :  Antisipasi Omicron, Plt Gubernur Minta Kurangi Mobilitas, Taati Prokes

Selain menyerahkan bantuan uang, Andi Sudirman juga mengunjungi masyarakat di Pulau Bonerate di Kecamatan Pasimarannu. Daerah ini salah satu yang mengalami kerusakan cukup tinggi.

Pada kesempatan ini, Andi Sudirman hadir dengan Kapolda Sulsel, Irjen Nana Sudjana, Pangdam XIV Hasanuddin, Mayjen TNI Mochamad Syafei Kasno, Bupati Selayar, Muhammad Basli Ali, Plt Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB Jarwansah.

Baca Juga :  DPRD Sulsel Akan Paripurnakan Kepres Pemberhentian NA

Semantara itu, Camat Pasimarannu melaporkan banyak kerusakan pasca bencana gempa yang terjadi. Ratusan rumah alami kerusakan berat dan ringan.

“Data kerusakan akibat gempa di Kecamatan Pasimarannu sebanyak 768 rumah. Diantaranya 203 rusak berat dan 565 rusak ringan. Bangunan fasilitas pemerintah yang rusak, antara lain dermaga besar pelabuhan dan dermaga tambatan perahu di lambego. Untuk sarana unum yang rusak, yakni masjid raya dan sekolah,” sebutnya.