Desa Senga Selatan Luwu Raih Penghargaan Tertinggi Desa Informatif

Kepala Desa Senga Selatan, Muhammad Arfan Basmin, menerima penghargaan, kategori Badan Publik Pemerintah Desa Informatif, di Makassar, Rabu (15/12/2021).

BERITA.NEWS, Luwu – Desa Senga Selatan, Kecamatan Belopa, Kabupaten Luwu, meraih penghargaan tertinggi untuk kategori Badan Publik Pemerintah Desa Informatif.

Penghargaan ini diberikan oleh Badan Informasi yang merupakan badan independen berkedudukan di pusat di bawah Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo)

Pengumuman dan penyerahan penghargaan langsung oleh Komisi Informasi, disaksikan sejumlah pejabat Pemprov Sulsel dan Kementerian Kominfo, di Hotel Rinra, Kota Makassar, Rabu (15/12/2021).

Kepala Dinas Komifo Kabupaten Luwu, Achyar Amir, kepada BERITA.NEWS menyampaikan, penerimaan penghargaan diterima langsung oleh Kepala Desa Senga Selatan, Muhammad Arfan Basmin, disaksikan Bupati Luwu H Basmin Mattayang.

“Kategori Badan Publik Pemerintah Desa Informatif merupakan penghargaan tertinggi dalam ajang Keterbukaan Informasi Publik 2021 yang dinilai langsung oleh Komisi Informasi, sebuah badan independen di bawah Kementerian Kominfo,” ujarnya.

Sementara itu, Muhammad Arfan Basmin, kepada sejumlah wartawan di Makassar, menyampaikan penghargaan ini sebagai indikator pelayanan publik di wilayah ini telah maksimal untuk publik.

“Alhamdulilah atas penghargaan yang diterima desa kami, Desa Senga Selatan asal Kabupaten Luwu tahun ini. Ini tentu, buah kerja seluruh element Pemerintah Desa Senga Selatan, tentunya melalui bimbingan Pemkab Luwu. Desa Senga Selatan dinilai menginspirasi desa di Sulsel,” ujarnya.

Arfan menambahkan, selama ini, di bawah kepemimpinannya, Desa Senga Selatan aktif dalam pengelolaan media sosial terkait pelayanan publik dimana bertujuan untuk memudahkan pelayanan utamanya di masa pandemi covid-19.

“Di mana pandemi Covid-19 tentu pemerintah melakukan pembatasan pelayanan karena aturan protokol kesehatan, mengurangi kontak fisik. Olehnya itu, agar pelayanan tetap berjalan baik, kami manfaatkan pelayanan dengan cara daring, memanfaatkan program pelayanan secara online,” ujarnya.

“Tanpa bantuan dan kerjasama semua pihak ini tidak bisa berkembang seperti yang telah dirasakan masyarakat saat ini. Penghargaan ini akan dijadikan acuan untuk lebih meningkatkan lagi pelayanan publik untuk masyarakat Kabupaten Luwu,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut dirinya menyampaikan terima kasih untuk semua pihak yang selalu mensupport. “Tanpa bantuan semuanya termasuk aparat desa lainnya penghargaan ini tidak dapat diraih,” ujarnya.

  • Muh Asri