Sejak Era Prof Amiruddin, Pemprov Sulsel Salurkan Anggaran Bantu Penderita Kusta

Kadis Sosial Pemprov Sulsel Andi Irawan Bintang (BERITA.NEWS)

BERITA.NEWS,Makassar– Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Sulsel Andi Irawan Bintang sebut Pemprov anggarkan bantuan tiap tahunnya untuk 400 orang penderita penyakit kusta di Makassar. Ada sejak era Gubernur ke 4 Prof Amiruddin.

Irawan mengatakan tiap tahun Pemprov Sulsel menyiapkan alokasi Anggaran di APBD sebesar Rp 700 juta untuk dibagi ke 400 Orang penderita kusta. Tiap bulan mereka mendapatkan Rp 150 ribu per kepala.

“Program Perlindungan dan Jaminan Sosial. Pengelolaan data fakir miskin. Ada penyandang 400 orang masyarakat (kusta) penerima manfaat Rp 150 ribu per orang tiap bulan, ada Rp 700 juta. Ini sudah berlangsung turun temurun,” ujarnya saat Coffee Morning Diskominfo SP Sulsel di Hotel Harper Makassar. Selasa (14/12/2021).

Baca Juga :  Kemenaker: IPK dan Indeks Beban Kerja Sulsel Dekati Jakarta

Menurutnya, Dewan sudah pernah meminta agar bantuan keuangan untuk mereka penyandang kusta agar dihentikan. Namun tidak bisa dilaksanakan, alasannya mereka terus melakukan protes.

“Tidak bisa dihentikan karena mereka protes melawan mereka (penyandang kusta). Pernah dewan meminta hentikan itu karena turun temurun tapi tidak bisa juga mereka datang protes. Ini sejak jaman Prof Amiruddin turun temurun,” ujarnya.

Baca Juga :  Plt Gubernur Sulsel Pastikan Hadiri HUT Ormas MKGR ke 62

Sementara itu, dari informasi yang dihimpun BERITA.NEWS dari Dinsos Sulsel. Pembayaran santunan bagi 400 orang penyandang kusta di Dangko Makassar dilakukan per triwulan. Per jiwa mendapat Rp 150 ribu.

Andi Khaerul