Rumah Warga Depan Sirkuit Mandalika Akan Dipercantik Jelang MotoGP

Arsip Foto - Pembalap tim Pata Yamaha With Brixx WorldSBK Toprak Razgatlioglu (kanan) melaju paling depan saat balapan pertama (race 1) WSBK seri Indonesia 2021di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (21/11/2021). ANTARA FOTO/Andika Wahyu/hp.

BERITA.NEWS, Lombok Tengah – Sekretaris Daerah (Sekda) Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Lalu Firman Wijaya menyatakan, ratusan rumah warga yang ada di sepanjang pinggir jalan depan Sirkuit Mandalika akan ditata atau dipercantik dalam rangka mendukung ajang balap MotoGP tahun 2022 mendatang.

“Rumah pribadi warga yang ada di sisi utara depan Sirkuit Mandalika itu akan ditata,” kata Lalu Firman Wijaya di Praya, Senin (13/12/2021).

Program dari Kementerian PUPR itu direncanakan mulai dikerjakan awal tahun 2022 dengan harapan rumah warga yang ada di segmen jalan sisi utara tersebut terlihat lebih rapi dan asri, karena kondisi beberapa rumah warga maupun warung di pinggir jalan membutuhkan penataan.

“Ini hanya penataan rumah warga supaya bagus,” katanya.

Ia mengatakan, program penataan rumah warga di sepanjang jalan tersebut tidak sampai dibangunkan menjadi homestay, namun kalau warga yang ingin mengubah rumahnya menjadi homestay menjadi tanggung jawab warga.

“Ini hanya penataan rumah saja. Kalau sampai jadi homestay itu kita serahkan kepada masyarakat,” katanya.

Ia mengatakan, untuk waktu dan pola pelaksanaan pengerjaan proyek tersebut akan dibahas lebih lanjut bersama dinas terkait dan pemerintah pusat terkait teknis pengerjaan maupun konsep pembangunannya.

“Jumlah rumah yang akan ditata itu sebanyak 180 kepala keluarga,” katanya.

Untuk diketahui, Dorna Sport telah merilis kalender MotoGP Tahun 2022 dan Sirkuit Mandalika akan menjadi tuan rumah Moto GP seri kedua di Bulan Maret 2022.

Selain itu, Sirkuit Mandalika juga kembali menjadi tuan rumah ajang balap Indemitsu Asian Talent Cup (ATC) dan Wolrd Superbike (WSBK) bulan November 2022.

Oleh sebab itu, pihak penyelenggara saat ini terus melakukan pembaikan fasilitas pendukung yang telah menjadi catatan Dorna Sport pada ajang WSBK 19-21 November 2021 lalu.

  • ANTARA