Tertibkan Parkir Liar di GOR Lembupeteng, Dishub Tulungagung Pasang Mesin Parkir Otomatis

Dishub Tulungagung memasang mesin parkir otomatis di pintu masuk dan keluar kawasan GOR Lembupeteng.

BERITA.NEWS, Tulungagung – Berbagai upaya terus dilakukan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, guna mengatasi maraknya parkir liar di kawasan GOR Lembupeteng.

Salah satunya, dengan mulai memasang mesin parkir otomatis di pintu masuk dan keluar.

Mesin parkir ini nantinya dioperasikan dengan maksud menghapus parkir liar yang tak terkendali di kawasan GOR Lembupeteng.

Kepala Dishub Tulungagung, Galih Nusantoro, Minggu (12/12/2021) mengatakan, dalam minggu ini mesin parkir otomatis itu sudah siap dioperasionalkan. Dengan begitu, nantinya tidak ada lagi parkir liar di kawasan tersebut.

Pemasangan dua buah kotak untuk mesin parkir otomatis di kawasan GOR Lembupeteng dimulai sejak Kamis (9/12) lalu. Lajur khusus untuk kendaraan yang masuk dan keluar pun juga sudah dibangun.

“Saat ini kami terus melakukan persiapan untuk pengoperasionalannya, termasuk tempat operator untuk pembayarannya nanti,” terang Galih.

Baca Juga :  Sekda Toraja Utara Meninggal Dunia, Kadis Kominfo Sulsel: Almarhum Sangat Baik

Menurutnya, pemasangan mesin parkir otomatis ini juga untuk merespons keluhan pengunjung GOR Lembupeteng. Hal itu dikarenakan selama ini tempat wisata malam di Kabupaten Tulungagung ini tidak ada tukang parkir resmi.

Pengunjung GOR Lembupeteng banyak yang mengeluhkan ulah tukang parkir liar yang mematok tarif terlalu mahal. Selain pengunjung, para pedagang yang berjualan di GOR Lembupeteng juga mengeluhkan hal serupa.

Menurut para pedagang, dengan mahalnya tarif parkir secara tidak langsung juga mengurangi minat warga yang akan berkunjung ke kawasan tersebut.

Untuk parkir di lokasi ini, pengunjung ditarik antara Rp 3.000 hingga Rp 5.000 untuk sekali parkir, dan tanpa tiket.

“Jumlah itu memberatkan bagi pengunjung. Mereka jadi malas datang ke GOR Lembupeteng,” sambung Galih.

Dampak dari mahalnya tarif parkir itu, tak jarang membuat banyak pengunjung yang memilih memarkir kendaraan miliknya di tempat lain. Apalagi, saat ini banyak tempat-tempat parkir baru bermunculan di sekitar GOR Lembupeteng.

Baca Juga :  Binda Sulsel Sasar Dusun Terpencil di Jeneponto

Dengan pemasangan mesin otomatis ini, maka nantinya tidak diperbolehkan lagi ada tukang parkir di area GOR Lembupeteng. Semua akan dikendalikan oleh operator parkir, sesuai tarif yang ditetapkan oleh Perda.

Selama ini, halaman GOR Lembupeteng menjadi pusat kuliner maupun mainan anak di malam hari. Tempat ini, juga kerap menjadi lokasi acara kesenian, pertunjukan, hingga ekspo aneka produk.

  • Gunawan