Hadapi Laos, Shin Tae-yong Rombak Lini Belakang Timnas Indonesia

Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong (kedua dari kanan) memberikan instruksi dalam latihan tim nasional Indonesia di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (7/5/2021). (ANTARA/HO/PSSI)

BERITA.NEWS, Jakarta – Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong akan merombak lini belakang skuadnya saat bertanding versus Laos dalam laga lanjutan Grup B Piala AFF 2020 di Stadion Bishan, Singapura, Minggu (12/12/2021).

“Nantinya akan ada perubahan. Kami kebobolan dua gol pada laga sebelumnya (kontra Kamboja-red) dan berikutnya saya mau pemain lebih percaya diri,” ujar Shin dalam konferensi pers virtual yang diikuti di Jakarta, Sabtu (11/12/2021).

Saat bersua Kamboja, Kamis (9/12), Shin Tae-yong menurunkan kwartet Pratama Arhan, Alfeandra Dewangga, Ryuji Utomo dan Asnawi Mangkualam di lini belakang.

Dari nama-nama itu, Shin memastikan Pratama Arhan tidak akan bertanding kontra Laos karena cedera. Cedera itu membuat Arhan ditarik keluar pada babak pertama, tepatnya menit ke-41, saat bertanding kontra Kamboja.

Sebagai pengganti, Shin kemungkinan akan menugaskan Mohammad Edo Febriansyah.

Kemudian, bek tengah bertinggi badan 1,94 meter Elkan Baggott juga berpotensi kembali memperkuat skuad “Garuda”.

Elkan absen saat Indonesia bertemu Kamboja karena baru tiba di Singapura. Namun, terkini, pemain klub Inggris, Ipswich Town itu sudah berlatih penuh bersama timnas Indonesia dan menyatakan siap bertempur di Piala AFF 2020.

“Saya ingin bermain dan meraih kemenangan demi kemenangan untuk menjadi juara Piala AFF,” tutur Elkan.

Pertandingan Indonesia versus Laos berlangsung mulai pukul 16.30 WIB atau 17.30 waktu Singapura. Penting bagi skuad “Garuda” untuk memenangkan laga tersebut demi menjaga asa lolos ke semifinal Piala AFF 2020.

Timnas Indonesia saat ini berada di peringkat kedua klasemen sementara Grup B dengan tiga poin, hasil kemenangan 4-2 atas Kamboja, Kamis (9/12).

Malaysia berada di peringkat pertama dengan enam poin dari dua laga. Setelah itu berturut-turut ada Vietnam di posisi ketiga, lalu Kamboja dan Laos.

  • ANTARA