Pemprov Sulsel Dorong Pelaku UMKM Bangkit di Masa Pandemi Covid-19

Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman (Ist)

BERITA.NEWS,Makassar– Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Andi Sudirman Sulaiman, membuka acara Rapat Fasilitasi Pengembangan UMKM Berbasis Digital dengan tema “Bangkitkan UMKM di Sulawesi Selatan” secara virtual, Rabu 8 Desember 2021.

Ia mendorong agar UMKM dapat berperan penting dalam upaya pemulihan perekonomian di tengah kondisi pandemi Covid-19 ini.

“Dalam setiap kesempatan, Bapak Presiden Joko Widodo selalu berpesan bagaimana menjadikan UMKM sebagai the backbone atau ujung tombak dalam sistem ketahanan perekonomian Nasional,” katanya.

Ia mengakui, UMKM merupakan salah satu roda penggerak perekonomian di Sulsel. Mereka selalu tumbuh dan meningkat jumlahnya tiap tahunnya. Olehnya itu, Pemprov Sulsel terus berupaya dalam menyiapkan fasilitasi untuk sertifikasi gratis.

Baca Juga :  Tertibkan Aset Latanete Plaza, Pemprov Kosongkan Wisma RedDoorz

“Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan telah melakukan berbagai upaya dalam rangka untuk menciptakan UMKM ini kedepannya lebih kita standarisasi untuk kita fasilitasi dan mendorong ke depan sebagai sebuah sistem penggerak maupun motor penggerak perekonomian yang lebih di depan,” jelasnya.

Saat ini, dirinya mendorong perusahaan maupun perbankan agar Corporate Social Responsibility menyasar dalam pengembangan UMKM, termasuk dalam membuka sentra-sentra UMKM. Serta membuat pusat komoditi dari 24 kabupaten/kota dengan memilih produk unggulan yang berstandar dan berkearifan lokal.

Baca Juga :  Pemprov Sulsel Tertibkan 4 Ruko di Latanete Plaza, Jatuh Tempo 2011

Di masa pandemi Covid-19, pentingnya mendorong UMKM untuk terus melakukan transformasi dalam bentuk digitalisasi sebagai upaya untuk dapat memudahkan dalam pemasaran produk.

“Tetap semangat, UMKM untuk Sulawesi Selatan yang lebih baik kedepan,” tegasnya.

 

  • Andi Khaerul