Potensi Puncak Cuaca Ekstrim di Januari 2022, BMKG Minta Warga Tetap Waspada

BERITA.NEWS,Makassar– Kepala BMKG Wilayah IV Makassar Darmawan ingatkan puncak cuaca ekstrim dengan intensitas hujan tinggi baru terjadi di bulan Januari 2022. Imbau masyarakat tetap waspada. Rabu (8/12/2021).

Darmawan mengatakan melihat perkiraan cuaca, puncaknya masuk di pertengahan hingga akhir bulan Januari 2022. Curah hujan bahkan lebih tinggi dibanding yang terjadi sejak tanggal 5-6 Desember kemarin.

“Tanggal 5 itu curah hujannya 250 mm kategori sangat ekstrem dan dan tanggal 6 itu 500 mm itu lebih ekstrim lagi. Sangat sangat ekstrem kalau yang ringan itu sampai 25 mm, sedang 50 dan 100 di atas itu lebat. Normalnya di Sulsel itu kurang dari 50,” ucapnya usai menemui Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman.

Baca Juga :  DPRD Sulsel Akan Paripurnakan Kepres Pemberhentian NA

Lebih lanjut, Darmawan mengatakan untuk perkiraan cuaca curah hujan tinggi di bulan Januari bisa sampai 500 hingga 700 mm, sangat ekstrim. Sehingga pemerintah harus cepat bersiap melakukan langkah antisipasi.

“Lebih tinggi sekarang karena tahun lalu itu masih ada pengaruh El Nino kekeringan. Masyarakat kami himbau perhatikan lingkungannya nya terutama drainase pohon-pohon di sekitar untuk dibersihkan kemudian di lereng-lereng Gunung mungkin kan biasanya longsor ya itu diperhatikan juga,” ujarnya.

Baca Juga :  Antisipasi Omicron, Plt Gubernur Minta Kurangi Mobilitas, Taati Prokes

“Kalau di Sulawesi itu di bagian Selatan di Makassar Gowa Takalar Jeneponto Bantaeng pertama daerah yang pernah terjadi banjir kemudian di daerah Utara hampir semua Luwu Raya. Memang ini perlu sinergitas antar beberapa instansi agar kita perlu antisipasi ke depan,” jelasnya.

Andi Khaerul