Liga Inggris: Sempat Tertinggal, Everton Bangkit Tundukkan Arsenal

Penyerang Everton Demarai Gray (kiri) melakukan selebrasi seusai mencetak gol pembalik keadaan atas Arsenal dalam laga lanjutan Liga Inggris, di Stadion Goodison Park, Liverpool, Inggris, Senin (6/12/2021) waktu setempat. ANTARA/REUTERS/Phil Noble

BERITA.NEWS, Jakarta – Everton kembali ke jalur kemenangan saat bangkit dari ketertinggalan dan menundukkan Arsenal dengan skor 2-1 dalam laga pekan ke-15 Liga Inggris, di Stadion Goodison Park, Senin waktu setempat (Selasa WIB).

Tertinggal lebih dulu akibat gol Martin Odegaard dan mendapati dua gol mereka dianulir oleh VAR, Everton bangkit melalui gol-gol Richarlison dan Demarai Gray, untuk mengantongi tiga poin penuh.

Kemenangan pertama dalam sembilan pertandingan terakhir itu membuat tim besutan Rafa Benitez naik ke posisi ke-12 klasemen dengan koleksi 18 poin.

Sedangkan Arsenal, yang menderita dua kekalahan beruntun, tertahan di urutan ketujuh dengan 23 poin, setelah disalip Tottenham Hotspur dan Manchester United sehari sebelumnya, demikin catatan laman resmi Liga Inggris.

Di bawah bayang-bayang kekalahan Derbi Merseyside pada tengah pekan kemarin, Everton berusaha tampil agresif, tetapi baru bisa memanfaatkan pada menit ke-44 saat Richarlison meneruskan bola tendangan bebas untuk mejebol gawang Arsenal.

Namun, gol itu belakangan kemudian dianulir, setelah VAR melakukan tinjauan dan memastikan Richarlison sudah lebih dulu terjebak offside.

Luka Everton digarami oleh Odegaard yang tiga menit kemudian membawa Arsenal memimpin dengan sepakan volinya menyelesaikan umpan silang kiriman Kieran Tierney hingga turun minum.

Pada menit ke-57, Richarlison kembali menyarangkan bola ke gawang Arsenal, setelah memperdaya kiper Aaron Ramsdale dalam situasi satu lawan satu, tetapi lagi-lagi VAR merusak selebrasi publik tuan rumah dengan menemukan offside tipis penyerang asal Brazil itu.

Dua kali golnya dianulir VAR tak membuat para pemain Everton patah arang, dan pada menit ke-79 Richarlison sigap menyambar bola muntah hasil tembakan Gray yang sempat memantul mengenai mistar gawang demi membuat kedudukan imbang 1-1.

Arsenal berusaha merestorasi keunggulan mereka, tetapi sundulan Eddie Nketiah menyambut umpan silang Bukayo Saka berakhir menghantam tiang gawang, sedangkan dua kali peluang Odegaard bergantian dihadang oleh Ben Godfrey dan Michael Keane.

Kedua tim sepertinya akan berbagi poin hingga Gray menerima umpan dari Andre Gomes, melakukan tusukan sebelum mengakhirinya dengan tembakan melengkung yang berakhir bersarang ke gawang tim tamu pada menit kedua injury time, mengunci kemenangan 2-1 untuk Everton.

Everton bakal berusaha melanjutkan tren positif ini saat bertandang ke Selhurst Park menghadapi Crystal Palace pada Minggu (12/12), sehari setelah Arsenal berjuang kembali ke jalur kemenangan kala menjamu Southampton di Emirates.

  • ANTARA