Cegah Penyebaran Covid-19 Dua Lembaga Ini Lakukan Vaksinasi

Karang Taruna dan Join lakukan vaksinasi. (IST)

BERITA.NEWS, Bantaeng – Berbagai lembaga di Kabupaten Bantaeng Provinsi Sulawesi (Sulsel) ikut andil dalam mencegah penyebaran Covid-19. Salah satu yang dilakukan adalah melaksanakan program vaksinasi.

Dua lembaga tersebut yakni Karang Taruna Bantaeng dan JOIN Bantaeng. Program vaksinasi mereka ditopang penuh oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantaeng.

Selain vaksinasi, mereka juga melakikan donor darah untuk warga Bantaeng di Anjungan Pantai Seruni Bantaeng.

Bupati Bantaeng DR H Ilham Syah Azikin menyempatkan diri menghadiri acara tersebut. Tak hanya warga, sejumlah pegawai negeri sipil turut andil dalam kegiatan tersebut.

Ketua JOIN Bantaeng, Alimin DS mengatakan, kegiatan ini dalam rangka mendukung program pemerintah Bantaeng Baik. Berjuang bersama di masa pandemi. Berjuang bersama memutus rantai penyebaran covid19.

“Kami ingin lembaga ini ikut andil dalam pembangunan di Kabupaten Bantaeng. Kami ingin ambil bagian dari perjuangan meningkatkan tingkat kekebalan kelompok individu dan kelompok masyarakat. Heart Immunity (tingkat kekebalan kelompok). Ayo kita bersama memutus rantai penyebaran virus corona,” kata Alimin kemarin.

Dia mengatakan, berkat dukungan dari berbagai pihak, Karang Taruna dan Pemkab Bantaeng sehingga kegiatan sosial ini terselenggara.

Dalam kegiatan itu, lanjut Alimin, masyarakat diberi sosialisasi pentingnya penerapan protokol kesehatan. Bagi-bagi masker dan distribusi vitamin-vitamin ke Kelurahan dan Dese. Penyaluran ini dilakuakn oleh pengurus Karang Taruna tingkat Kecamatan.

Baca Juga :  Metode 'Door to Door' Mudahkan Lansia Dapat Vaksin

Ketua Karang Taruna Bantaeng, Ahmad Yani menuturkan, kolaborasi ini diharapkan memberi dampak yang baik bagi masyarakat.

“Harapannya bisa bermanfat bagi masyarakat, khususnya bagi yang butuh darah karena kita juga ada donor darah. Vaksin juga kebijakan pemerintah yang harus kita kawal dan sukseskan, apalagi Karang Taruna adalah organisasi yang bergerak di bidang sosial, untuk kawal kebijakan pemerintah dari pusat sampai daerah,” katanya.

Bupati Bantaeng Ilham Azikin mengatakan, Karang Taruna dan DPD JOIN Bantaeng menunjukkan komitmen kuat dalam peningkatan derajat kesehatan masyarakat lewat lewat kegiatan bakti sosial, vaksinasi, donor darah dan sunatan massal yang digelar di Tribun Pantai Seruni Bantaeng.

“Hormat dan penghargaan kepada Karang Taruna dan DPD JOIN Bantaeng. Ini menjadi bagian komitmen kita, seluruh pihak di Bantaeng untuk bersama menjaga dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Bantaeng,” kata Ilham Azikin.

Dia juga menyebut, vaksinasi yang dilakukan ini sekaligus memantik terciptanya herd immunity atau kekebalan komunal di Bantaeng.

“Saat ini kita masih dalam situasi pandemi covid-19 yang tentu mebutuhkan dukungan semua pihak agar tercipta herd immunity. Apa yang dilakukan teman-teman Karang Taruna dan JOIN ini sudah membuktikan bahwa kita, semua elemen di Bantaeng melakukan peningkatan kesadaran kepada masyarakat akan pentingnya vaksinasi. Fokus kita adalah penciptaan imunitas komunal, kekebalan kelompok, agar kita terhindar dari covid-19,” jelasnya.

Baca Juga :  Naoemi Octarina Hadiri Gebyar PAUD Insan Masagena 2021

Ilham Azikin meyakini, kehadiran lembaga sangat efektif dalam upaya peningkatan kesadaran personal masyarakat Bantaeng.

“Ini diharapkan menjadi motivasi bagi lembaga lain untuk turut serta secara aktif, karena tingkat derajat kesehatan masyarakat banyak ditentukan oleh hadirnya sinergitas,” kata dia.

Ia juga mengacungi jempol terhadap Karang Taruna dan JOIN Bantaeng. Sebab, telah aktif dalam membuat kegiatan yang muaranya untuk kebaikan bagi masyarakat Bantaeng.

“Ini kita harapkan menjadi motivasi karena tugas dan tanggung jawab kita sangat besar, di tengah pandemi kita juga dituntut senantiasa beraktivitas produktif, ada aspek dan sektor lain yang juga membutuhkan perhatian dan itu telah ditunjukkan oleh teman-teman JOIM dan Karang Taruna,” jelas dia.

M Srahlin Rifaid/ Al Ullah Azhar