Pemkab Luwu Raih Penghargaan Tertinggi Bidang Kesehatan Lingkungan, Bupati: Terima Kasih Forum KKS

BERITA.NEWS, Luwu – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu berhasil mendapat penghargaan tertinggi tingkat nasional, Swasti Saba Wistara pada hari ini, Rabu (17/11/2021).

Swasti Saba Wistara merupakan penghargaan tertinggi di bidang kesehatan lingkungan dari Kementerian Kesehatan bersama Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia.

Berdasarkan catatan, penghargaan ini adalah yang pertama kali diraih oleh Kabupaten Luwu. Tentu prestasi ini tidak lepas dari peran Forum Kabupaten/Kota Sehat (KKS) Kabupaten Luwu, di bawah pimpinan DR Hj Hayarna Hakim, sebagai Ketua KKS Luwu.

Penghargaan Swasti Saba Wistara tahun 2021 merupakan sejarah baru bagi Kabupaten Luwu khususnya di bidang kesehatan lingkungan dan masyarakat.

Hadir dalam penerimaan penghargaan ini Bupati Luwu DR H Basmin Mattayang didampingi Ketua KKS DR Hj Hayarna Hakim, Ketua Tim Pembina KKS Luwu Achmad Awwabin, S.STP, M.Si, Plt Kadis Kesehatan Luwu dr Rosnawary Basir, Kadis Kominfo Achyar Kasim, Kadis Perhubungan Supriadi, dan Kadispora Alamsyah.

Usai penerimaan penghargaan, Bupati Luwu menyampaikan terima kasih kepada Forum KKS Luwu yang sudah bekerja keras melakukan bimbingan kepada masyarakat utamanya yang bersentuhan langsung dengan locus penilaian.

“Alhamdulillah Pemerintah Kabupaten Luwu menyampaikan penghargaan kepada teman-teman KKS yang sudah bekerja dengan baik. Saya berharap prestasi ini tidak hanya sampai di sini, harus dipertahankan bahkan ditingkatkan kedepan,” kata bupati.

Baca Juga :  Sempat Dipasung, Seorang Penderita Gangguan Jiwa Dibawa ke RSUD Batara Guru Gelopa

Ucapan terima kasih juga disampaikan Pemkab Luwu kepada Menteri Kesehatan Menteri Dalam Negeri dan terkhusus kepasa tim penilai kabupaten sehat.

“Bahwa pada hari ini kita telah mendapat penghargaan nasional tertinggi di bidang kesehatan lingkungan. Perjuangan ini penuh proses, ada beberapa tahapan yang harus dilalui,” jelasnya.

Luwu pernah mendapat Padapa yakni dua tingkat di bawah Wistara kemudian Wiwerda yakni setingkat di bawah Wistara dan ini cukup lama waktunya, sekira 7 tahun hingga kembali bisa mendapat penghargaan nasional dan sekaligus mendapat penghargaan tertinggi yakni tingkat Wistara.

“Harapan kita kedepan adalah kita ingin mengajak masyarakat untuk mempertahankan kesehatan lingkungan dalam rangka pencapaian kesehatan masyarakat,” ujarnya.

Karena memang kata Bupati Luwu, salah satu program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu adalah bagaimana kita bisa mewujudkan Kabupaten Luwu yang sehat untuk bisa dinikmati seluruh element masyarakat.

Melalui penghargaan Swasti Saba Wistara, lanjutnya, tentu menjadi salah satu tolak ukur bahwa salah program pemerintah di bidang kesehatan.

“Harapan kita kedepan, melalui mediator Forum Kabupaten atau Kota Sehat ini bisa mempertahankan predikat yang sekarang bahkan lebih ditingkatkan lagi,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Forum Kabupaten / Kita Sehat (KKS) Kabupaten Luwu, DR Hj Hayarna Hakim, menyampaikan Swasti Saba Wistara, merupakan penghargaan di bidang kesehatan lingkungan.

“Swasti Saba Wisata diberikan kepada kabupaten dan kota yang telah menyelenggarakan tujuh tatanan penilaian yaitu permukiman, sarana dan prasarana umum, industri dan perkantoran sehat, pariwisata sehat, pangan dan gizi, kehidupan masyarakat sehat dan mandiri, serta sosial yang sehat,” sebutnya.

Baca Juga :  Bupati Luwu Terima Dua Penghargaan Bidang Kesehatan

“Alhamdulillah, sesuai surat yang kami terima, dari 514 Kabupaten dan Kota di Indonesia, ada 7 yang dapat penghargaan peringkat Padapa, 4 yang terima penghargaan Wiwerda dan 25 dapat penghargaan tertinggi Wistara termasuk Kabupaten Luwu,” sebutnya.

Menurut Hayarna, penghargaan ini merupakan hasil kerja keras Forum Kabupaten / Kota Sehat (KKS) Kabupaten Luwu bersama Pemerintah Kabupaten Luwu.

“Penghargaan ini tidak turun begitu saja, ada kerja keras teman-teman KKS, Pemkab Luwu, PKK, serta seluruh elemen masyarakat yang benar-benar telah sadar akan kesehatan dan kebersihan lingkungan,” kuncinya.

Ketua KKS Luwu, berpesan agar prestasi ini dipertahankan dan bukan hanya karena sebatas lomba dan ingin meraih penghargaan.

“Tujuan utama kita adalah peningkatan kualitas dan derajat kesehatan masyarakat Kabupaten Luwu,” ujarnya.

Selain Kabupaten Luwu, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan juga mendapat penghargaan sebagai tim.

  • Muh Asri