Hasil Kualifikasi Zona Asia: Arab Saudi dan Iran Belum Terkalahkan

Penyerang tim nasional Arab Saudi Saleh Al-Shehri (kiri) merayakan golnya ke gawang Vietnam dalam laga lanjutan Grup B putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Vietnam, Selasa (16/11/2021). ANTARA/AFP/Nhac Nguyen.

BERITA.NEWS, Jakarta – Tim nasional Arab Saudi dan Iran menjaga catatan belum terkalahkan selama menjalani putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, setelah keduanya mengalahkan lawan masing-masing dalam rangkaian pertandingan keenam, Selasa malam (16/11/2021).

Bertandang ke Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Arab mampu mempecundangi tuan rumah Vietnam dengan skor 1-0 berkat gol semata wayang Saleh Al-Shehri.

Gol itu dicetak Al-Shehri pada menit ke-31 saat penyerang klub Al Hilal itu menyambut umpan tendangan bebas Fahad Al Muwallad dengan tandukan jarak dekat yang memperdaya kiper Bui Tan Truong.

Pada menit ke-75 gawang tuan rumah sempat kebobolan lagi berkat sontekan jarak dekat Al Muwallad, tetapi gol itu dianulir oleh VAR yang menyatakan Firas Al Buraikan lebih dulu melanggar Nguyen Thanh Chung dalam proses serangan.

Hasil itu memantapkan posisi Arab di puncak klasemen Grup B dengan koleksi 16 poin, dibayangi Jepang (12) yang dalam pertandingan lain juga membukukan kemenangan, demikian catatan laman resmi AFC.

Melakoni pertandingan di Stadion Gelanggang Olahraga Sultan Qaboos, Muscat, Jepang mampu mengatasi tuan rumah Oman dengan skor 1-0 berkat gol larut Junya Ito.

Baca Juga :  Liga Italia: Tekuk Genoa 2-0, Juventus Torehkan Kemenangan Penting

Satu pertandingan Grup B lainnya yang dilangsungkan di Stadion Sharjah, Uni Emirat Arab, memperlihatkan China dan Australia berbagi satu poin setelah main imbang 1-1.

Hasil itu membuat Australia harus rela turun ke posisi ketiga dengan koleksi 11 poin, sedangkan China (5) tak beranjak dari peringkat kelima.

Di Grup A, catatan nirkalah juga dilanjutkan oleh Iran yang membukukan kemenangan meyakinkan 3-0 atas Suriah dalam laga tandang yang diungsikan ke Stadion King Abdullah II, Amman, Yordania.

Sardar Azmpun, Ehsan Hajsafi dan Ali Gholizadeh bergantian menjebol gawang Suriah untuk memantapkan posisi Iran di puncak klasemen Grup A dengan raihan 16 poin.

Posisi kedua Grup A diduduki oleh Korea Selatan yang dalam pertandingan lain juga menang 3-0 atas Irak dalam laga yang menumpang di Doha, Qatar.

Korsel duduk di posisi kedua dan terus membayangi Iran yang hanya unggul dua poin di atas mereka.

Sementara itu satu laga Grup A lainnya berakhir dengan kemenangan 1-0 yang dibukukan UEA atas Lebanon di Stadion Saida Municipal, Sidon, berkat eksekusi penalti Ali Ahmed Mabkhout hanya lima menit jelang bubaran waktu normal.

Baca Juga :  Liga Inggris: West Ham Runtuhkan Chelsea 3-2

UEA berada di posisi ketiga dengan enam poin dan terus menjaga asa kecil untuk finis di dua teratas atau setidaknya memperoleh tiket putaran keempat.

Putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia ini akan membagikan empat tiket putaran final bagi tim-tim yang finis di dua teratas masing-masing grup.

Sementara tim urutan ketiga nantinya akan berhadapan satu sama lain untuk menentukan wakil di fase playoff antarbenua.

Putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia akan berlanjut pada 27 Januari dan 1 Februari untuk pertandingan ketujuh dan kedelapan yang membuka kesempatan beberapa tim mengunci tiket putaran final ke Qatar.

  • ANTARA