Luwu Raih Penghargaan Tertinggi Bidang Kesehatan Lingkungan, Hayarna Hakim: Alhamdulillah

Ketua Forum Kabupaten Sehat (FKS) Kabupaten Luwu, DR. Hj. Hayarna Hakim.

BERITA.NEWS, Luwu – Kabupaten Luwu mendapat penghargaan tertinggi di bidang kesehatan lingkungan dari Kementerian Kesehatan bersama Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia.

“Alhamdulillah, Luwu dapat penghargaan Swasti Saba Wistara,” ujar Ketua Forum Kabupaten/ Kota Sehat (KKS) Kabupaten Luwu, DR Hj Hayarna Hakim, kepada BERITA.NEWS, Selasa (16/11/2021).

Menurut istri Bupati Luwu H. Basmin Mattayang, Swasti Saba Wistara merupakan penghargaan di bidang kesehatan lingkungan.

“Swasti Saba Wisata diberikan kepada kabupaten dan kota yang telah menyelenggarakan tujuh tatanan penilaian yaitu permukiman, sarana dan prasarana umum, industri dan perkantoran sehat, pariwisata sehat, pangan dan gizi, kehidupan masyarakat sehat dan mandiri, serta sosial yang sehat,” sebutnya.

Baca Juga :  Kalahkan Toraja Utara, Tim Basket Putra 5x5 Luwu Lolos Porprov

“Alhamdulillah, sesuai surat yang kami terima, dari 514 Kabupaten dan Kota di Indonesia, ada 7 yang dapat penghargaan peringkat Padapa, 4 yang terima penghargaan Wiwerda dan 25 dapat penghargaan tertinggi Wistara termasuk Kabupaten Luwu,” sebutnya.

Menurut Hayarna, penghargaan ini merupakan hasil kerja keras Forum Kabupaten/Kota Sehat (KKS) Kabupaten Luwu bersama Pemerintah Kabupaten Luwu.

“Penghargaan ini tidak turun begitu saja, ada kerja keras teman-teman KKS, Pemkab Luwu, PKK, serta seluruh elemen masyarakat yang benar-benar telah sadar akan kesehatan dan kebersihan lingkungan,” kuncinya.

Ketua KKS Luwu berpesan agar prestasi ini dipertahankan dan bukan hanya karena sebatas lomba dan ingin meraih penghargaan.

Baca Juga :  Dinas PUPR Luwu Benahi Sejumlah Ruas Jalan Alternatif

“Tujuan utama kita adalah peningkatan kualitas dan derajat kesehatan masyarakat Kabupaten Luwu,” ujarnya.

Untuk diketahui, Swasti Saba Wisata ini adalah yang pertama diraih Kabupaten Luwu.

Sesuai jadwal, penerimaan penghargaan ini diagendakan Rabu, 17 November di Jakarta, oleh Menteri Dalam Negeri bersama Menteri Kesehatan dan Menko PMK.

  • Muh Asri