Inggris Pesta 10 Gol Lawan San Marino

Gelandang serang tim nasional Inggris Emile Smith-Rowe (kiri) melakukan selebrasi bersama Harry Kane seusai mencetak gol ke gawang San Marino dalam laga pemungkas Grup I Kualifikasi Piala DUnia 2022 zona Eropa di Stadion San Marino, Serravalle, San Marino, Senin (15/11/2021) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/Jennifer Lorenzini)

BERITA.NEWS, Jakarta – Tim nasional Inggris menandai kelolosan ke putaran final Piala Dunia 2022 di Qatar dengan pesta gol saat menang 10-0 melawan San Marino dalam laga pemungkas Grup I kualifikasi zona Eropa di Serravalle, Senin malam waktu setempat (Selasa WIB).

Three Lions sebetulnya hanya membutuhkan imbang untuk mengunci posisi juara Grup I, tapi tim asuhan Gareth Southgate memilih menghujani gawang tuan rumah dengan sepuluh gol tanpa balas.

Bek Manchester United Harry Maguire membuka keunggulan Inggris pada menit keenam setelah menanduk umpan sepak pojok kiriman Phil Foden.

Filippo Fabbri lalu mencetak gol bunuh diri pada menit ke-15 kala berusaha menghalau tembakan Bukayo Saka, yang sebetulnya akan melenceng bila tak diganggu pergerakan bek San Marino itu.

Baca Juga :  Timnas Lawan Myanmar: Shin Tae-yong Turunkan Ezra Walian pada Menit Pertama

Kapten Inggris Harry Kane kemudian memperlebar keunggulan tim tamu jadi 6-0 lewat empat gol yang dia bukukan hanya dalam kurun waktu 15 menit.

Keunggulan Inggris bertambah lagi pada menit ke-58 saat Emile Smith-Rowe mencetak gol pertamanya dalam level senior dengan memanfaatkan umpan tumit Tammy Abraham.

Tyrone Mings, Abraham dan Saka kemudian bergantian menjebol gawang San Marino untuk menandai kelolosan Inggris ke Piala Dunia 2022 dengan kemenangan telak 10-0 dan finis di puncak Grup I berbekal koleksi 26 poin, demikian laman resmi UEFA.

Tiket fase playoff didapatkan oleh Polandia yang finis posisi kedua dengan 20 poin, meskipun dalam laga pemungkas mereka kalah 1-2 saat menjamu Hongaria di Warsawa.

Baca Juga :  Liga Champions: Manchester City Tekuk PSG, Tapi Keduanya Lolos ke 16 Besar

Polandia baru akan mengetahui lawan mereka dalam semifinal fase playoff pada 26 November mendatang untuk pertandingan yang dijadwalkan berlangsung Maret tahun depan.

Satu pertandingan penutup Grup I lainnya dimenangkan 1-0 oleh Albania saat melawan Andorra di Tirana berkat eksekusi penalti Endri Cekici.

  • ANTARA