Bappeda Tulungagung Helat Kompetisi bagi Inovator “Kasanova 2021”

BERITA.NEWS, Tulungagung – Bertempat di ruang rapat Bappeda, Selasa-Rabu, 9-10 Nopember 2021 diadakan penilaian tahap 2 Kompetisi Kreativita dan Inovasi (Kasanova) Tahun 2021.

Kegiatan Kasanova ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Tulungagung melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Tulungagung dalam rangka untuk memberikan apresiasi kepada para inovator baik lingkup Pemerintah Daerah maupun masyarakat.

Kompetisi ini dilaksanakan pertama kali tahun 2019, dengan peserta yang tidak banyak.

“Pada waktu pelaksanaan Kasanova pertama tahun 2019 diikuti kurang lebih 13 inovasi Perangkat Daerah dan 11  inovasi masyarakat, namun di kompetisi Kasanova ke -2 ini, peserta naik sangat signifikan, dengan kategori perangkat daerah sebanyak 53 proposal inovasi dan 34 proposal inovasi kategori masyarakat, sehingga total inovasi yang masuk ke panitia sebanyak 87 inovasi”, kata Kepala Bappeda Kabupaten Tulungagung, Drs. Maryani, MM.

Pelaksanaan kompetisi Kasanova digelar, juga dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Tulungagung ke 816 Tahun 2021. Adapun tema dari Kasanova Tahun 2021 adalah “Kreatif dan Inovatif Dikala Pandemi”.

Baca Juga :  Gelar Vaksinasi 'Dari Rumah ke Rumah', Binda Jateng Sasar Masyarakat Umum dan Pelajar

Ada beberapa tujuan yang ingin dicapai dari pelaksanaan ini , antara lain; terciptanya kesadaran masyarakat Tulungagung untuk berinovasi dan kreasi di segala bidang; terciptanya peningkatan produktifitas masyarakat dalam bidang inovasi; serta mendorong kepedulian Pemerintah Daerah, lembaga penelitian, lembaga pendidikan dan dunia usaha terhadap IPTEK khususnya teknologi tepat guna.

Kemudian, terciptanya produk – produk yang memiliki nilai jual dan berdaya saing;  terciptanya pertumbuhan inovasi di kalangan Perangkat Daerah dan instansi lain di lingkup Pemerintah Kabupaten Tulungagung.

Terkait dengan tahapan penilaian kompetisi Kasanova, saat ini memasuki penilaian paparan terhadap 10 nominator dari masing – masing kategori (kategori Perangkat Daerah dan kategori masyarakat).

10 nominator tersebut telah lolos penilaian tahap pertama yaitu penilaian proposal. Penilaian paparan dilaksanakan pada hari selasa dan rabu (8-9 Nopember 2021). Untuk tanggal 8 Nopember 2021, dilaksanakan penilaian paparan kategori Perangkat Daerah dan tanggal 9 Nopember 2021 dilaksanakan penilaian paparan kategori Masyarakat.

Baca Juga :  Senator ART Dorong Amandemen UUD Capres Perseorangan

“Hasil penilaian paparan ini akan diakumulasikan dengan hasil penilaian proposal dan hasil penilaian lapangan yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 16 Nopember 2021 untuk kategori Perangkat Daerah dan tanggal 21 Nopember 2021 untuk kategori Masyarakat”, kata Ridwan, S.S, M.Si, Kabid Litbang PP Bappeda.

“Selanjutnya penganugerahan pemenang yaitu 6 terbaik dari masing masing kategori (Juara 1 sd harapan 3) akan dilaksanakan di Hotel Crown Victoria, tanggal 24 Nopember 2021, direncanakan Bapak Bupati Tulungagung akan menghadiri secara langsung memberikan penghargaan kepada para juara”, pungkasnya.

 

Dian

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!