Sekda Luwu Buka Bimtek Tata Cara Pemuktahiran Data Mandiri Melalui Aplikasi MySAPK

BERITA.NEWS, Luwu – Sekda Luwu membuka acara sosialisasi dan bimbingan teknis pemutakhiran data mandiri ASN aplikasi MySAPK di Hotel Berneo, Kamis (11/11/2021).

Sekda Luwu H Sulaiman dalam sambutanya mengatakan bahwa walaupun di masa pendemi yang membatasi ruang gerak, tetapi pemutakhiran data mandiri harus dilakukan sesuai jadwal yang telah ditentukan. “Karena nantinya manfaatnya juga kembali ke ASN itu sendiri untuk memudahkan mengelola data kepegawiannya,” katanya.

Selain itu, katanya, hal ini untuk memperoleh data ASN yang akurat guna mendukung satu data Indonesia kepada peserta. “Selamat mengikuti sosilisasi dan bimbingan teknis pemutahiran data mandiri ASN, dengan harapan nantinya pada penginputan data pada aplikasi MySAPK tidak lagi ada yang tidak tahu,” ujar Sulaiman.

Baca Juga :  Kunjungi Asrama Luwu di Makassar, Ini Pesan Bupati Basmin Mattayang

Sementara itu Raehana Rahman Kabid Pengadaan Pemberhentian dan Informasi BKPSDM Luwu menyampaikan bahwa, aplikasi ini bertujuan untuk memperoleh data ASN yang akurat, terkini dan terintegrasi.

“Selain itu, untuk memenuhi target terwujudnya Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) sesuai Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 95 Tahun 2018 dan target Satu Data Indonesia sesuai Perpres Nomor 39 Tahun 2019, Surat Keputusan BKN nomor 87 tahun 2021 tentang pemutahiran data mandiri aparatur sipil negara secata elektronik,” jelasnya.

Dijelaskannya, setiap ASN dan PPT Non-ASN (Pejabat Pimpinan Tinggi Non ASN) cukup melakukan pemutakhiran data dan riwayat pribadinya melalui akses daring ke dalam aplikasi MySAPK berbasis gawai (mobile) dan website yang ditetapkan BKN sebagai autentikasi data ASN dan PPT Non-ASN.

Baca Juga :  Sesuai Perintah Bupati, Disperkim Luwu Akan Perbaiki Asrama Mahasiswa di Makassar

Setiap usul pemutakhiran data mandiri akan diverifikasi dan validasi oleh verifikator instansi dan/atau BKN sesuai dengan kewenangan yang diatur dalam Keputusan Kepala BKN 87/2021.

Setelah melakukan usul pemutakhiran data mandiri, ASN dan PPT Non-ASN dapat memantau keseluruhan tahapan proses melalui menu riwayat pengajuan usul pemutakhiran data mandiri pada MySAPK.

Hadir dalam kegiatan ini seluruh lingkup OPD, kasubag kepegawian, dan seluruh pihak kecamatan se-Kabupaten Luwu.

  • Muh Asri