Meski Covid-19 Menurun, Penanggulangan Covid-19 Tetap Jadi Perhatian

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) ikut andil dalam program penanaman pohon serentak dan kerja bakti dalam rangka menyemarakkan HUT ke-414 Kota Makassar. (IST)

BERITA.NEWS, Makassar – Kasus Covid-19 di Kota Makassar, Sulawesi-selatan (Sulsel) saat ini semakin menurun. Kendati kasus menurun bukan berarti Pemerintah Kota Makassar tidak lagi fokus pada penanganan covid-19.

Menurut Plt Kepala Bappeda, Helmi Budiman mengakui angka kasus Covid-19 menurun. Meskipun menurun Pemkot Makassar tetap bekerja ekstra keras dalam menjalankan program andalannya.

Diantaranya adalah program Makassar Recovery terus berlanjut. Salah satu langkah yang dilakukan oleh Pemkot Makassar mengusulkan alokasi anggaran sebesar Rp100 miliar tahun depan.

“Namun dengan kondisi yang kian membaik, kita berharap alokasi anggaran yang disiapkan tidak terpakai banyak sehingga bisa digunakan untuk sektor lain seperti pemberdayaan masyarakat,” kata Helmi.

Baca Juga :  Kunjungi Asrama Luwu di Makassar, Ini Pesan Bupati Basmin Mattayang

Agar kasus covid-19 tidak kembali melonjak, diapun berharap masyarakat tetap patuh dan taat menerapkan protokol kesehatan.

Satgas Raika juga tetap akan bekerja tahun depan untuk melakukan pengawasan dan memastikan protokol kesehatan tetap diterapkan, khususnya bagi para pelaku usaha.

“Satgas Raika akan tetap bertugas untuk memastikan protokol kesehatan dilaksanakan dengan

Jangan sampai kita lengah hingga membuat covid kembali meledak,” ungkapnya.
Sebelumnya, pemkot telah melakukan mitigasi terhadap bencana atau risiko terhadap covid, seperti launching Makassar Recover.

“Alhamdulillah, saat ini Makassar sudah PPKM level 2. Dengan kesadaran dan kepatuhan masyarakat menerapkan prokes, diharapkan covid kian berkurang, semoga PPKM turun menjadi level 1 dalam waktu dekat,” tambahnya.

Baca Juga :  Kunjungi Asrama Luwu di Makassar, Ini Pesan Bupati Basmin Mattayang

Saat ini, proses pembahasan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Pokok tahun 2022 sementara berjalan. Pihak eksekutif dan legislatif secara maraton melakukan pembahasan. Baik di tingkat Banggar maupun rapat-rapat komisi.

Dia optimistis pembahasan berjalan lancar, pemerintah kota dan DPRD Makassar sama-sama bekerja memprogram kegiatan-kegiatan yang muaranya untuk kesejahteraan rakyat, dan bisa disahkan tepat waktu.