Liga Inggris: Liverpool Derita Kekalahan Pertama Musim Ini

Gelandang serang West Ham United Pablo Fornals melakukan selebrasi seusai menjebol gawang Liverpool dalam lanjutan Liga Inggris di Stadion Olimpiade London, Inggris, Minggu (7/11/2021) waktu setempat. ANTARA/REUTERS/Tony O'Brien.

BERITA.NEWS, Jakarta – West Ham United memaksa Liverpool menelan kekalahan pertama musim ini setelah menundukkan tamunya itu dengan skor 3-2 di Stadion Olimpiade London, Minggu waktu setempat (Senin WIB).

Hasil itu menjadi kali pertama tim besutan Juergen Klopp menelan kekalahan dalam 17 pertandingan dalam semua kompetisi, sekaligus menyudahi catatan tak pernah kalah Liverpool pada angka 20 laga berturut-turut Liga Inggris sejak musim lalu.

Berkat kemenangan ini, West Ham sukses melewati posisi Liverpool dalam klasemen. Tim besutan David Moyes kini menduduki urutan ketiga dengan mengumpulkan 23 poin sehingga menggusur Liverpool (22) ke peringkat keempat, demikian catatan laman Liga Inggris.

Kegagalan mengantisipasi situasi bola-bola mati menjadi biang kekalahan Liverpool karena dua dari tiga gol yang dicetak West Ham lahir dari sepak pojok.

Gol pembuka keunggulan West Ham tercipta saat pertandingan belum genap berusia empat menit melalui sepak pojok tajam kiriman Pablo Fornals yang gagal dihentikan Alisson Becker dan kiper Liverpool ini malah mencetak gol bunuh diri.

Para pemain Liverpool sempat memprotes bahwa Alisson diganggu oleh Michail Antonio dan Angelo Ogbonna dan wasit Craig Pawson sempat berkonsultasi dengan VAR sebelum tetap mengesahkan gol tersebut.

Baca Juga :  Liga Inggris: West Ham Runtuhkan Chelsea 3-2

Liverpool memang mendominasi penguasaan bola tapi kesulitan menembus pertahanan West Ham yang digalang dengan sangat solid dan membutuhkan tendangan bebas untuk menyamakan kedudukan pada menit ke-41 melalui Trent Alexander-Arnold.

Alexander-Arnold melepaskan tendangan bebas yang begitu akurat melewati pagar hidup West Ham dan melesak mulus ke dalam gawang, jauh dari jangkauan kiper Lukasz Fabianski.

Pada babak kedua, Liverpool memang masih lebih banyak menguasai bola, tetapi kinerja mereka kurang optimal di lini tengah sehingga garis pertahanan tinggi yang diterapkan kerap dirundung ancaman.

Pada menit ke-67, Liverpool kehilangan bola di paruh lapangan West Ham yang langsung dimanfaatkan tuan rumah untuk melancarkan serangan balik diakhiri penyelesaian apik Fornals yang menaklukkan Alisson guna memulihkan keunggulan 2-1.

Kelalaian Liverpool mengantisipasi sepak pojok kembali harus dibayar mahal tujuh menit berselang saat Kurt Zouma bergerak tanpa kawalan untuk menanduk bola kiriman Jarrod Bowen untuk memperlebar keunggulan West Ham menjadi 3-

Baca Juga :  Liga Prancis: PSG Susah Payah Imbangi Lens

Situasi itu memaksa Klopp memasukkan Divock Origi dan Takumi Minamino untuk menghadirkan alternatif di lini serang Liverpool. Hasilnya pada menit ke-83, Origi mencetak gol balasan dengan tembakan memutarnya yang memperdaya Fabianski.

Sayangnya, Liverpool gagal memantik momentum kebangkitan menghadapi pertahanan West Ham yang begitu tebal.

Liverpool mempunyai satu peluang emas untuk menyamakan kedudukan pada menit pertama injury time ketika Sadio Mane berdiri bebas di area tiang jauh menyambut umpan tendangan bebas Alexander-Arnold, tapi sundulan penyerang asal Senegal itu melenceng dari sasaran untuk memastikan West Ham tetap menang 3-2 di pengujung laga.

Selepas jeda internasional, kedua tim akan bermain lagi pada 20 November, saat West Ham bertandang ke Molineux menghadapi Wolverhampton dan Liverpool berusaha kembali ke jalur kemenangan kala menjamu Arsenal di Anfield.

  • ANTARA