HUT Kota Makassar Ke-141, Ciptakan Kantong Ekonomi Baru bagi Masyarakat

Pelaksana Tugas (Plt) Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Makassar Helmi Budiman. (INT)

BERITA.NEWS, Makassar – Pada Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Makassar, pemerintah menyiapkan kado bagi masyarakat dengan menciptakan kantong ekonomi baru. Hal itu seiring dengan tren kasus Covid-19 yang juga terus melandai.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeda) Kota Makassar Helmi Budiman mengatakan pihaknya telah menyiapkan langkah-langkah pemulihan ekonomi.

Mulai dari mendorong belanja modal, belanja barang dan jasa, stimulus UMKM, menggenjot pembangunan infrastruktur, sarana dan prasarana, dan program lain.

“Itu dilakukan agar kantong ekonomi baru dapat berjalan di tengah masyarakat,” kata Helmy, Senin, 8 November 2021.

Untuk pembangunan sarana dan prasarana, Helmi menyatakan pihaknya tengah mengusulkan beberapa kegiatan masuk pada APBD 2022 mendatang. Antara lain, membangun kantor pelayanan pemerintah yang baik, membenahi sekolah rusak, dan pembangunan sarana kesehatan.

Baca Juga :  Wali Kota Makassar Apresiasi PRJ UIN Makassar, Harap Masyarakat Peduli Lingkungan

Selain itu, pemerintah kota juga merencanakan pembangunan mal pelayanan publik sesuai petunjuk pemerintah pusat. Seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang berkaitan dengan pelayanan publik bakal tinggal dalam satu atap.

“Lokasinya berada di Taman Macan. Di sana akan dibangun gedung sebagai pusat peradaban dan pusat pelayanan yang akan menjadi tonggak sejarah baru,” tuturnya.

Rencana lain, Balai Kota Makassar bakal direstorasi sebagai cagar budaya yang harus dipelihara. Sebagian besar pelayanan, kata dia, akan dipindahkan ke sana.

“Museum kota yang berlokasi di Jalan Balai Kota juga akan direstorasi,” sebutnya.

Baca Juga :  Wali Kota Makassar Apresiasi PRJ UIN Makassar, Harap Masyarakat Peduli Lingkungan

Menurutnya, prioritas pemerintah kota pada tahun 2022 adalah menciptakan kantong ekonomi baru bagi masyarakat. Pemerintah kota, menurut Helmi, juga akan membangun gedung olah raga dan sirkuit balapan di kawasan Untia. Sementara pada sektor infrastruktur, pemerintah kota bakal berfokus pada pemeliharaan jalan. Jembatan dan drainase juga menjadi perhatian pemerintah.

“Begitu juga dengan pembangunan baru akan direncanakan sesuai kebutuhan,” tuturnya.