Dampak Pandemi Covid-19, KSN Temui Plt Gubernur Sarankan Kenaikan UMP

KSN dan Perwakilan Buruh Temui Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman (Ist)

BERITA.NEWS, Makassar – Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman menerima kunjungan silaturahmi pengurus Konfederasi Serikat Nusantara (KSN) yang baru terpilih dan telah mengadakan kongres di Makassar. Senin (8/11/2021).

Bersama Pemprov Sulsel, Ketua KSN Mukhtar Guntur Kilat dan perwakilan berbagai provinsi berdiskusi terkait ketenagakerjaan di Rumah Jabatan Wakil Gubernur Sulsel, Jalan Yusuf Daeng Ngawing, Makassar.

“Kami mengapresiasi pelaksanaan kongres, dan berharap agar lahir pemikiran yang solutif dalam memperbaiki tatanan kehidupan rakyat. Khususnya bagi para pekerja/buruh,” kata Andi Sudirman Sulaiman.

Andi Sudirman Sulaiman meminta KSN dan kelompok buruh lainnya menyampaikan rekomendasi atau ide terkait perburuhan/pekerja. Khususnya dampak di masa pandemi covid-19 ini.

Akibat pandemi banyak pelaku usaha melakukan efisiensi menekan kerugian. Akibatnya, banyak pekerja dirumahkan, diberhentikan. Sehingga perlu kebijakan yang tepat dalam menanggulangi dampak yang ditimbulkan.

Kebijakan yang dibuat harus ditujukan untuk melindungi dan mengembalikan kesejahteraan masyarakat yang terdampak pandemi. Pemerintah mestinya turun tangan dalam mempersiapkan sumber daya manusia sesuai dengan kebutuhan dunia kerja pasca pandemi.

“Solusi bagaimana yang sudah sudah menganggur bisa kembali bekerja,” ucapnya.

Sementara itu, Mukhtar Guntur Kilat menyampaikan, beberapa rekomendasi terkait dengan Pemprov Sulsel.

”Khususnya terkait dengan upah, karena sebentar lagi akan ditetapkan Upah Minimum Provinsi (UMP). Serta menyikapi pengangguran karena PHK dan perlu pemerintah menyiapkan infrastruktur membuka lapangan pekerjaan,” ujarnya.

 

Andi Khaerul

Comment