Covid-19 Semakin Menurun, Pemkot Makassar: Tahun 2022 Saatnya Fokus Pemulihan Ekonomi

Pelaksana Tugas (Plt) Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Makassar Helmi Budiman. (INT)

BERITA.NEWS, Makassar– Kasus Covid-19 di Kota Makassar Provinsi Sulawesi-selatan (Sulsel) kini semakin menurun. Aktifitas usaha pun mulai menggilat lagi.

Melihat hal tersebut, Pemerintah Kota Makassar sangat optimis bisa menggiatkan kembali roda perekonomian. Apalagi pada tahun 2022 mendatang, Pemkot Makassar memiliki program andalan dalam mengembalikan perekonomian yang jauh lebih baik.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Makassar Helmi Budiman menuturkan,pihaknya memiliki berbagai langkah untuk menjalankan program ini.

Menurut dia, perintah dan inisiasi Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto dan Wakil Wali Kota Fatmawati Rusdi, sejumlah program telah disiapkan.

Adapun program yang akan dilakukan adalah mendorong belanja modal, belanja barang dan jasa, stimulus UMKM, menggenjot pembangunan infrastruktur, sarana/pra sarana, dan lainnya.

“Itu dilakukan agar kantong ekonomi baru dapat berjalan di tengah masyarakat,” kata Helmy dalam dekat ini.

Baca Juga :  Kunjungi Asrama Luwu di Makassar, Ini Pesan Bupati Basmin Mattayang

Untuk pembangunan sarana dan pra sana, kata Helmy, ada beberapa kegiatan yang diusulkan masuk di APBD 2022 mendatang

Diantaranya membangun kantor pelayanan pemerintah yang baik, membenahi sekolah rusak, pembangunan sarana kesehatan. Yang cukup spesial adalah rencana Pemerintah Kota Makassar membangun mal pelayanan publik sesuai arahan pemerintah pusat. Di sana, seluruh OPD yang berkaitan dengan pelayanan publik akan ditempatkan dalam satu atap.

“Lokasinya berada di Taman Macan. Di sana akan dibangun gedung sebagai pusat peradaban dan pusat pelayanan yang akan menjadi tonggak sejarah baru,” tambahnya.

Selain itu, Pemkot Makassar juga akan merestorasi Kantor Balaikota sebagai cagar budaya yang harus dipelihara. Sebagian besar pelayanan akan dipindahkan ke sana. Bukan hanya Balaikota, Museum Kota yang berlokasi di Jalan Balaikota juga akan direstorasi.

Baca Juga :  Kunjungi Asrama Luwu di Makassar, Ini Pesan Bupati Basmin Mattayang

“Proritas, tahun ini dan tahun 2022 mendatang yakni menciptakan kantong ekonomi baru untuk masyarakat, membuat mal pelayan publik seperti arahan pemerintah pusat. Mal pelayanan satu atap, jadi semua jenis pelayanan disatukan dalam satu gedung,” ujar Helmi.

Pemkot Makassar juga akan menghadirkan sarana olah raga dengan membangun gedung olah raga dan sirkuit balap di kawasan Untia. Di sektor infrastruktur, lanjut Helmi, pemeliharaan jalan, jembatan hingga drainase tetap jadi perhatian. Begitu juga dengan pembangunan baru, akan direncanakan sesuai kebutuhan.

  • Redaksi