Perpres DBON 2021, Sulsel Terpilih Jadi Daerah Sentra Pembinaan Olahraga

Menpora Zainuddin Amali dan Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman (BERITA.NEWS/Andi Khaerul)

BERITA.NEWS, Makassar– Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) ditetapkan menjadi satu dari sepuluh daerah yang prioritaskan menjadi sentra pembinaan olahraga nasional. Minggu (7/11/2021).

Hal itu ditegaskan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainuddin Amali dalam sosialisasi pertama Peraturan Presiden (Perpres) nomor 86 tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) di Hotel Myko Makassar.

Zainuddin Amali mengatakan pihaknya sangat mengharapkan Sulsel menjadi salah satu daerah sentra pembinaan olahraga. Akhirnya ditegaskan dalam Perpres tersebut.

“Sentra pembinaan pendidikan, dari barat sampai ujung Timur. Mudah-mudahan Sulsel masuk 10 sentra desain besar, dan dalam Perpres sulsel masuk. Saya selalu ulang-ulang kenapa lahir desain besar.
Kegalauan bapak presiden kami diminta me review total pembinaan olahraga raga kita,” ucapnya.

Baca Juga :  Kapolri: Percepatan Vaksinasi Kendalikan Laju COVID-19 Akhir Tahun

Olehnya itu, gebrakan DBON 2021 ini dimaksudkan memperbaiki sistem atau redesain pembinaan olahraga nasional. Termasuk, sinergitas Pemerintah Pusat, Provinsi, Kabupaten/kota, Organsiasi Keolahragaan.

‘Makanya kita diminta redesain atau desain ulang olahraga kita sebab talenta sumber atlet bisa didapatkan di masyarakat yang sehat. Makanya pengaturan dilakukan untuk desain besar olahraga nasional ini dari hulu sampai hilir. Pertama masyarakat kita tumbuh rasa berolahraga. Ini coba kita gemarkan,” ujarnya.

“Jadi Perpres 86 ada desain nanti kita buat roadmap nya. Memberikan pedoman bagi pemerintah pusat, provinsi, kabupaten dan kota, organisasi olahraga, induk organisasi cabang olahraga, dunia Usaha dan industri, akademisi,” jelas Zainuddin.

Baca Juga :  Fadli Zon: DPR Minta Dunia Jangan Lupakan Palestina

Sementara itu, Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman mengatakan pihaknya siap mendukung apapun yang menjadi program Kemenpora mengenai sentra pembinaan olahraga teratur.

“Kami Pemprov Sulsel Apresiasi sekali. Sulsel masuk dari 10 Provinsi. Sudah masuk Perpres. Apalagi sosialisasi pertamanya dimulai dari Sulsel,” jelasnya.

Andi Khaerul